Mengenal Bahaya Meningioma, Tumor Otak yang Dikabarkan Menyerang Ketua Bawaslu Baubau

SULTRAKINI.COM: Kabarnya, Ketua Bawaslu Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia meninggal dikarenakan penyakit meningioma. Almarhumah meninggal di rumah sakit di Kota Makassar Selasa (10 Desember 2019) dini hari. Seberapa bahayakah meningioma?

(Baca: Ketua Bawaslu Baubau Meninggal, Kabarnya Akibat Tumor Otak)

Penyakit meningioma sering disebut salah satu jenis tumor otak yang kebanyakan menyerang wanita berusia 50 tahun ke atas. Meski bukan berarti usia ini saja yang mengalami penyakit tersebut. Sebanyak 60 persen orang yang mengalami meningioma dikabarkan juga memiliki gangguan pada gennya.

Sementara efek lingkungan terhadap penyakit inii belum diketahui pasti, butuh penelitian lebih lanjut.

Fortune

Meningioma membawa dampak buruk terhadap penglihatan dikarenakan posisi tumor dekat dengan saraf penglihatan. Tumor yang membesar akan menekan bagian saraf penglihatan dan menyebabkan sebagian penglihatan hilang. Jika semakin membesar, cenderungnya saraf mata akan rusak hingga kemampuan penglihatan hilang.

Apabila tumor sudah mendesak ke rongga mata, tumor dapat menyebabkan mata terlihat menonjol keluar. Umumnya penonjolan ini hanya terjadi pada salah satu mata.

Dampak penyakit ini juga mengakibatkan gerakan bola mata terganggu. Serta mendesak rongga hidung dan menyebabkan penurunan penciuman.

Gejalanya sendiri pada stadium awal biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda berarti. Artinya, ukuran tumor akan membesar sekitar satu hingga tiga milimeter per tahun, cukup lama untuk langsung mendeteksinya lebih jelas.

Sumber: hellosehat.com
Laporan: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.