Iklan Clarion

Mengenal Budaya Filipina Lewat Pertukaran Budaya

CITIZEN JOURNALISM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – PCMI Sulawesi Tenggara bersama Kendari Youthful Team menyelenggarakan Pertukaran Budaya Filipina–Indonesia, Senin (25/4/2016). Perwakilan dari beberapa komunitas di Kendari dan mahasiswa Universitas Halu Oleo memenuhi Aula Bertakwa Kantor Walikota Kendari sejak pukul 15.30 Wita.

 

Perwakilan dari Filipina, Rose, menerangkan bahwa mereka sudah berkeliling ke beberapa negara di Asia untuk berbagi berkenalan budaya. Sementara Walikota Kendari yang diwakili, berharap dengan adanya kegiatan pertukaran budaya seperti ini dapat memperluas hubungan internasional terutama hubungan bilateral kedua negara.

 

Kegiatan ini bukan hanya pertukaran budaya, tapi juga untuk memperat tali silaturahmi antara kedua negara. Seperti penuturan Ketua PCMI Sulawesi Tenggara, Dwi Pratiwi S. Husba.

 

“Pertama untuk menjalin silaturahmi, maksudnya menjalin persahabatan antar kedua negara, karena ada teman-teman dari Philippine kemudian mereka ingin pentas budaya, kenapa kita tidak coba imbangi, kita coba buat pentas Philipine–Indonesia Cultural Exchange. Jadi, kita bertukar budayalah,\” katannya.

 

Dwi Pratiwi berharap kedepan semakin banyak kegiatan pertukaran budaya dengan negara lain. “Lebih banyak kegiatan seperti ini, jadi tidak cuma antar Indonesia–Filipina bisa dari negara lain juga. Kayak tadi mereka bilang, akhirnya saya belajar banyak, tahu budaya Indonesia lagi, jadi secara tidak langsung kita promosikan juga budaya kita sendiri,\” terangnya.

 

Penampilan budaya disajikan oleh kedua negara, Filipina menampilkan beberapa busana tradisional, tarian tradisional, tradisi rayuan pria kepada wanita yang disebut “Harana”, tradisi “Manopo” mencium tangan orang tua sebagai tanda penghormatan, drama legenda Filipina.

 

Kemudian dari Indonesia menampilkan budaya Indonesia khususnya penampilan budaya Sulawesi Tenggara berupa tarian dan lagu tradisional.

 

CitizenS: Muh. Saleh S. Dinar
(Mahasiwa Fakultas Kesehatan Masyarakat UHO/HP: 085756550196)

 

Redaksi SULTRAKINI.COM menerima kiriman artikel citizen journalism (jurnalisme warga), barupa info, berita, maupun foto seputar wilayah Sulawesi Tenggara. Pembaca dapat mengirimkan artikel/foto melalui email: [email protected] atau [email protected] Kontributor artikel/foto kami menyebutnya CitizenS (jurnalisme pembaca SULTRAKINI)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.