Menhub Sempat ke Wakatobi Sebelum Positif Corona, Berikut Jejak Kontak Lainnya

  • Bagikan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkunjung ke Bandara Matahora Wakatobi. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif tertular virus Corona, Sabtu (14/3/2020). Sebelum dinyatakan positif Corona, Budi sempat kunjungan kerja di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Budi merupakan pasien Corona kasus 76 yang diumumkan secara anonim sejak Jumat (13/3/2020).

“Atas izin keluarga, kami menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif corona,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers, Sabtu (14/3/2020).

Budi bersama rombongannnya tiba di Bandara Matahora Wakatobi pada Jumat (28 Februari 2020) sekitar pukul 05.03 Wita menggunakan pesawat khusus. Kedatangannya itu dalam rangka peninjauan fasilitas sarana prasarana Bandara Matora yang direhab lewat anggaran APBN, awal tahun 2016 dan rencana penambahan ketebalan (pcn) landasan, serta memperpanjang runway Bandara Matahora Wakatobi.

Kehadirannya di Wakatobi, Budi tidak sendiri. Dia bersama Direktur Komersial Garuda Indonesia Agus Toni Soetirto, Direktur Utama PT ASDP Faik Fahmi, dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Setibanya di Wakatobi ketika itu, dia bersama rombongan disambut sejumlah pejabat, misalnya Bupati Wakatobi Arhawi, Sekda Wakatobi La Jumadin, Kapolres Wakatobi AKBP Anuardi, Kepala Pengadilan Negeri Wakatobi Nyoto Hindaryanto, dan Perwira Penghubung Kodim 1413 Buton di Wangi-Wangi, Mayor Inf Ilham Katili.

Selain Kabupaten Wakatobi, Budi juga lewati Bandara Lagaligo Bua, Kabupaten Luwu. Kemudian bertolak ke Toraja. Menhub beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu.

Menhub juga diketahui pernah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, Minggu (1/3/2020). Dimana, BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess, di mana beberapa di antara ABK kapal tersebut terinveksi virus Corona.

Kini, Budi dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Budi Karya merupakan pejabat pertama di Indonesia yang positif Covid-19.

Dilansir dari CNBC Indonesia, sebelum terjangkit Corona, Budi juga diketahui bertemu sejumlah orang teramasuk menteri dari Belanda. Dia sempat menghadiri Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (11 Maret 2020), serta rapat terbatas Otoritas Khusus Papua dan Permasalahan Tanah Sumatera Utara.

Dalam rapat terbatas, nampak Budi serta sejumlah menteri KIB dan pimpinan lembaga negara, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

Sejumlah menteri juga diketahui sempat bertemu dengan Menhub RI.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan