Iklan Clarion

Menimbang Kekuatan Gusli-Murni di Sampara Raya pada Pilkada Konawe

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dua tokoh Sampara Raya, Gusli Topan Sabara dan Hj. Murni Tombili dipastikan berduel di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

Keduanya bakal bertarung sebagai kosong dua. Gusli mendampingi Kery Saiful Konggoasa. Sedangkan Murni, mendampingi H. Litanto.

Ada banyak diskusi, baik di dunia nyata maupun dunia maya yang memperbincangkan kedua tokoh ini. Khususnya, bagaimana nanti perolehan suara masing-masing di Pilkada Konawe di wilayah Sampara Raya.

‘Siapa yang bakal menang’, menjadi pertanyaan yang kerap terlontar. Untuk itulah SultraKini.Com mencoba menimbang kekuatan dua figur tersebut berdasarkan hasil perolehan suara pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 silam.

Kebetulan, dua figur tersebut saat ini merupakan anggota DPRD Konawe. Gusli menjabat sebagai Ketua DPRD dan Murni menjabat sebagai ketua Fraksi PDIP.

SultraKini.Com mencoba melakukan penelusuran data di laman resmi KPUD Konawe yang di Kelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di ppid.kpu.go.id. Salah satu data yang ditampilkan adalah Daftar Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Konawe.

Daftar tersebut mendeskripsikan tentang perolehan suara di wilayah Konawe I atau Daerah Pemilihan (Dapil) I, yang meliputi daerah di Sampara Raya. Di sana diterangkan, ada lima anggota DPRD terpilih. Mereka adalah Musaruddin (PKS), Hj. Murni Tombili (PDIP), Gusli Topan Sabara (PAN), Nurianti (PAN) dan Hj. Witria (PBB).

Berdasarkan hasil perolehan suara sah, Gusli dan Murni menempati suara terbanyak dari tiga calon terpilih lainnya. Namun, perolehan yang diraih Gusli jauh lebih tinggi.

Gusli mampu meraih perolehan suara sah dengan jumlah 5.348 suara. Sementara Murni, yang berada di urutan kedua hanya mampu mengoleksi suara sebanyak 1.578 suara. Perbandingan suara keduanya terpaut cukup jauh, yakni 3770 suara.

Sementara tiga calon terpilih lainnya, Musaruddin, Nurianti dan Witria masing-masing mengoleksi suara sebanyak 902, 1.031 dan 800 suara.

Jumlah perolehan suara Gusli itu, tak hanya menjadikannya sebagai pemeroleh suara terbanyak di Dapilnya saja. Namun juga menjadi pemeroleh suara terbanyak di Pileg 2014 se-Kabupaten Konawe.

Sejauh ini, baik Gusli maupun Murni telah banyak melakukan hal untuk menarik simpati konstituennya di Sampara Raya. Meraup suara sebanyak-banyaknya di Pilkada Konawe pada 27 Juni nanti, tentu menjadi target mereka di Sampara Raya.

Siapa pemenangnya? Masyarakatlah yang akan menentukannya.

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.