Mentan Berikan Rp 2 Triliun untuk Bangun Pabrik Gula di Konsel

  • Bagikan
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman bersama Pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Saleh Lasata serta jajaran pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara mendapat alokasi anggaran pembangunan pabrik gula senilai Rp 2 triliun oleh Kementerian Pertanian RI.

Selain pembangunannya di Konsel, pihaknya juga menargetkan kabupaten lain di Sultra seperti Kabupaten Bombana dan Kabupaten Kolaka. Kedua wilayah ini turut ditargetkan pada sinergitas swasembada daging.

“Tinggal menunggu waktu saja. Intinya pembangunan pabrik gula di Konsel pemerintah siap turun tangan. Kita telah membangun empat pabrik gula di beberapa wilayah. Saat ini kita masih perlu membangun enam pabrik,” kata Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman, Selasa (1/8/2017).

Dia juga menyinggung sehubungan pengembangan rempah-rempah di Indonesia. Hal itu ditargetkan, sebab Indonesia didatangi Bangsa Eropa dikarenakan rempah-rempahnya yang melimpah. Bahkan pemerintah pusat telah menyediakan anggaran senilai Rp 5,5 triliun melalui APBN untuk memenuhi target tersebut.

“Peluncururannya di tahun 2018 sesuai arahan presiden. Sekarang kita tidak impor jagung, beras, bawang, artinya kita mampu. Kedepan potensi rempah-rempah demikian pula gula dan sapi ini,” terangnya.

(Baca juga: ‘Termakan Janji’, Pemda Konsel Ancam Cabut Izin Perusahaan Tebu)

Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan