Mentan Minta FAO dan Gubernur Kembangkan Pertanian Indonesia

SULTRAKINI.COM: KONSEL – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Indonesia dan Timur Leste, Stephen Rudgard agar terus mendampinginya untuk mengembangkan pertanian di Indonesia.

FAO mari kita bersama, jangan biarkan saya jalan sendiri. Tidak boleh ada yang jauh. Bantu saya, kita memang harus dengan energi yang tinggi,” ujarnya mengawali sambutannya dalam pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Desa Puudamu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konsel, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/10/2019).

Selain meminta perwakilan FAO, Mentan juga meminta para gubernur dan bupati/walikota untuk terus mengembangkan pertanian. Menurutnya pertanian Indonesia harus lebih maju dan didorong agar lebih maju dan mandiri yang didukung dengan penggunaan teknologi yang lebih modern.

“Pak gubernur jangan jauh-jauh, saya ini kakaknya para gubernur. Pak bupati/walikota jangan jauh-jauh, saya siap melakukan. Saya berharap Gubernur Sultra menjadi contoh,” ucapnya.

“Mari kita bercita cita masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsi peranan, apakah dari politisi, pejabat, maupun pengusaha bahwa pertanian adalah sektor penting yang harus dijamin peningkatannya,” sambung Syahrul Yasin Limpo.

yamaha

Ia sampaikan, Indonesia memiliki kekayaan dan potensi alam yang cukup melimpah. Indonesia merupakan negara tropis dengan sinar matahari yang cukup. Dengan demikian, masalah pertanian adalah masalah bersama, bukan hanya menjadi masalah pemerintah.

“Indonesia punya dataran rendah, punya sungai, punya danau. Jika begitu, pertanian adalah sesuatu sumber kehidupan, sehingga Indonesia tidak boleh kalah dari negara lain. Saya berharap kegiatan ini menjadi rahmat bagi Sultra secara umumnya dan Kabupaten Konsel secara khusus,” harapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani di Indonesia untuk bekerja keras meningkatkan pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen pelaku pertanian agar senantiasa berupaya dan bekerja keras untuk meningkatkan produksi pangan dalam memenuhi kebituhan pangan nasional,” ajaknya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.