Menu Green Smoothie Pakcoy Dijadikan Objek Pengabdian Dosen Stikes Karya Kesehatan Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menu Green Smoothie Pakcoy dari Garden Eatery Kendari menjadi sasaran pengabdian masyarakat dari sejumlah dosen Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Karya Kesehatan Kendari. Alasannya, makanan satu ini memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk menetralkan penderita hipetensi (darah tinggi).

Dosen Stikes Karya Kesehatan Kendari, Riska Mayangsari, SKM.,MPH, menerangkan green smoothie yang disajikan Garden Eatery dinilai mampu menurunkan tekanan darah pasien hipertensi. Kandungan asam folat dari menu tersebut mampu menekan peningkatan hormon sistein. Artinya, kalau hormon sistein meningkat, tekanan darah akan ikut meningkat.

“Selain itu, menu ini juga memiliki kandungan kalium yang berfungsi sebagai anti oksidan mencegah tekanan darah tinggi. Menu ini juga memiliki kandungan klorofil untuk detosifikasi dan serat untuk memperlancar percernaan,” ungkapnya, Selasa (23/7/2019).

Dalam kegiatan pengabdian tersebut, pihaknya mengukur tekanan darah masyarakat setelah dan sebelum mengkonsumsi green smoothie pakcoy. Hasilnya menunjukan adanya perubahan terhadap tekanan darah bagi pasien hipertensi.

“Apalagi sebelum melakukan pengabdian, kami menguji kandungan yang ada dalam green smoothie pakcoy di laboratorium,” tambahnya.

Sementara itu, Owner Garden Eatery, Hudiyono menyampaikan Garden Eatery merupakan bidang usaha rumah makan sehat. Menu sayuran yang disajikan rumah makan itu merupakan hasil tanaman produksi sendiri.

“Untuk rumah makan ini, kami memiliki konsep perkebunan di perkotaan (urban farming). Hasil perkebunan akan dijadikan menu makanan yang disajikan bagi pelanggan,” ucap Hudiyono. (Adv)

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.