Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Menuju Pilkades Butur 2017

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Se-Kabupaten Buton Utara (Butur), bakal serentak digelar Mei 2017. Persiapan para calon kades mulai terlihat, salah satunya Harlin, calon dari Desa Kurolabu, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawe Tenggara.

Inisiatifnya bertarung memperebutkan kursi kades, berasal dari dorongan dan dukungan masyarakat setempat. sejumlah program kerja pun dipersiapkan untuk masyarakat desa jika terpilih nanti. Visi dirinya akan menjadikan desa Kurolabu sebagai desa yang maju, mandiri, sehat dan sejahtera. Hal itu terwujud melalui penguasaan pengetahuan dan teknologi setara dengan desa lainnya di Butur.

Sedikit bercerita akan potensi desa tersebut, menurutnya mayoritas pekerja masyarakat, yakni bertani dan nelayan. Misalnya penghasilan masyarakat terbesar adalah biji jambu mete. Dalam setahun atau sekali panen bisa mencapai 500 ton. Selama ini, masyarakat langsung menjual hasil jambu mete ke para tengkulak. Dan tentunya memiliki harga berbeda jika dalam kondisi terkupas.

“Kita inginkan ada inovasi baru. Jambu mete kita punya kualitas bagus. Ini potensi dan sangat menjanjikan bagi petani kita. Kenapa kita tidak buat dalam kemasan, seperti di Lombe. Kalau jambu mete kita dijual dalam bentuk kemasan, tentu akan menambah pendapatan petani,” katanya, Senin (20/03/2017).

Pendaftaran peserta Pilkades Kabupaten Buton Utara, mulai berlangsung pada 27 Maret 2017.

Laporan: Harto Nuari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.