SUARA

Menyongsong Hari Buruh, Polres Muna Adakan Pengobatan Gratis Bagi Buruh

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kepolisian Resor (Polres) Muna melaksanakan pengobatan gratis kepada para buruh dan pekerja di wilayah Kabupaten Muna dalam rangka menyongsong hari buruh bertempat kantor Polsek KP3 Pelabuhan Nusantara Raha, Kamis (26/4/2018).

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos P. Sinaga mengatakan pengobatan gratis bertujuan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat menyambut Hari Buruh pada 1 Mei mendatang.

“Ini bentuk perhatian Polres Muna kepada buruh, jika ada keluhan sampaikan pada dokter akan diperiksa dan diberikan obat secara gratis. Untuk melaksanakan kerja yang baik harus dengan tubuh yang sehat,” katanya kepada SultraKini.Com.

Pengobatan gratis melibatkan tim dokter dari Polres Muna dan dokter di Puskesmas Kecamatan Watupute.

Dia menambahkan, Hari Buruh nanti diprediksikan akan ada aspirasi disuarakan para buruh, mulai dari demonstrasi maupun musyawarah dan mufakat.

Aksi pengobatan gratis diapresiasi Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan Muna, Fajarudin Munanto. Bahkan kata dia, aksi tersebut tersebar di 12 titik di Kabupaten Muna.

yamaha

“Kami dari Distransnaker juga akan merayakan Hari Buruh dengan melakukan jalan santai tepat di tanggal 1 Mei 2018, mengundang seluruh perusahaan yang ada di Muna untuk melibatkan buruhnya mengikuti kegiatan jalan santai,” terang Fajarudin.

Pihaknya juga menyediakan undian hadiah menarik bagi peserta jalan sehat. “Saya berharap, semua koperasi tenaga kerja mendaftar dan melaporkan buruhnya di Distransnaker Muna sehingga jika terjadi masalah pemerintah bisa melindungi hak para buruh,” ungkapnya.

Apresiasi terlaksananya pengobatan gratis juga diungkapkan Ketua Koperasi Kapal Pelayanan Rakyat, Muhamad Ramadhan Jafar. Menurutnya, pengobatan gratis menjadi yang perdana didapatkan para buruh bongkar muat barang di pelabuhan Nusantara Raha.

“Kondisi pekerja saat ini tidak memiliki BPJS Ketenagakerjaan, dulu pernah ada dengan nama askes yang menjamin kesehatan para buruh, jika terjadi kecelakaan kerja, tinggal kita kumpul-kumpul donasi diserahkan kepada keluargannya atau berharap dari kesehatan keluarga tidak mampu dari desanya,” ungkapnya.

Pantauan SultraKini.Com puluhan buruh dan pekerja mendapatkan pengobatan gratis, berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan dokter dan terakhir pengambilan obat melalui nomor antrian.

 

Laporan: La Ode Alim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.