SULTRAKINI.COM: KENDARI - Even tahunan pemerintah provinsi Festival Bokori diagendakan 28-29 Oktober 2017. Di tahun ini, nuasa akan dihadirkan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Meriahnya Festival Bokori 2017, Hadirkan dengan Nuansa Berbeda
Seksi Promosi Pariwisata Nusantara Mancanegara Dinas Pariwisata Sultra, Indriaty Madaria. (Foto: Nova Aliza/SULTRAKINI.COM)

Seksi Promosi Pariwisata Nusantara Mancanegara Dinas Pariwisata Sultra, Indrianty Madaria mengatakan bahwa Festival Bokori yang ke-3 kali ini akan digelar dengan nuansa yang berbeda, pasalnya ada sejumlah perlombaan bernuansa budaya Suku Bajo yang berada di sekitar Pulau Bokori atau yang masuk dalam binaan Dispar Sultra.

“Festival Bokori ini lebih sesuai dengan histori kawasan pemukiman masyarakat Bajo di masa lampau. Jadi lebih ke budaya masyarakat Bajo itu sendiri seperti cara mereka menangkap ikan dengan mengunakan alat tradisional, dan beberapa budaya akan mereka tampilkan nantinya,” ungkap Indriaty, Rabu (18/10/2017).

Perlombaan lainnya juga dijadwalkan seperti mancing secara tradisional, lomba balap katinting, atraksi seni budaya Bajo sekitar Bokori, festival Kuliner seafood, lulo pantai dan fashion show tenun daerah busana pantai.

"Untuk festival kuliner sendiri itu akan ditampilkan berbagai macam seafood dengan varian rasa khas bajo, dan untuk lulo juga kita ada dua kategori, yaitu kategori SKPD, BUMN, TNI, Polri, dan instansi vertikal serta kategori desa sekitar Bokori atau desa binaan Dispar untuk fashion show kita ambil tingkat pelajar saja," jelas Indrianty.

Sehubungan anggaran festival, pihaknya tidak merincikan besaran anggaran. Namun, dipastikan festival akan berlangsung meriah. "Meskipun dana kita cukup minim, namun kita tidak memberikan biaya administrasi bagi para pendaftar," ucap Indrianty.

Sejauh ini, teradapat beberapa perusahaan BUMN yang telah memberikan sponsor dalam kegiatan tersebut diantaranya, PT Garuda Indonesia, BNI, Bank Sultra, dan beberapa perusahaan lainnya.

"Kegiatan ini didukung langsung kelompok sadar wisata di wilayah Bajo Bokori yang rencana hadir ada dari Kementerian Pariwisata, yaitu deputi bidang pemasaran,” tambah Indrianty.

Untuk diketahui, pendaftaran bagi peserta sampai 20 Oktober mendatang secara gratis.


Laporan: Nova Aliza

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations