Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Minus Buteng, Persatuan Catur Jadwalkan Kejurprov di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Tenggara mengagendakan kejuaraan provinsi (Kejurprov) di aula LPMP Sultra pada 23-25 Agustus 2019. Total 16 kabupaten dan kota di Sultra akan mengikuti ajang ini yang dipusatkan di Kota Kendari.

“Buteng (Buton Tengah) tidak berpartisipasi dalam lomba karena saat ini Buteng belum memiliki pengurus cabang (pengcab Percasi),” terang Kabid Perwasitan Percasi Sultra, Muh Ali Yasin, Kamis (1/8/2019).

Nantinya, setiap kabupaten dan kota ada sembilan atlet yang akan berlaga, terdiri dari lima putra dan empat pecatur putri. Sementara nomor pertandingan yang bakal dilombakan adalah nomor klasik dengan sistem swiss manager.

“Sistem ini kejuaraan akan berlangsung dalam tujuh babak dengan waktu 65 menit untuk setiap orang,” jelas Ali Yasin.

Lima besar hasil dari kejuaraan tersebut akan diutus mewakili Sultra dalam kejuaraan nasional di Maluku pada 1-7 Oktober mendatang. Selain itu, kejuaraan ini akan menjadi salah satu ajang bagi atlet yang akan mewakili Sultra di pra-PON.

“Untuk memilih atlet ke pra-PON, kami memperhatikan semua hasil kejuaraan, termasuk hasil Porprov 2018. Intinya, kami memperhatikan mental dan karakter para pecatur untuk mewakili Sultra dalam pra-PON nanti,” ucapnya.

Untuk diketahui, pecatur putra berlaga dalam Pra-PON di zona Sulawesi yakni, Sulawesi Utara akhir Oktober 2019 dan atlet putri bertanding di Karo, Sumatera Utara November 2019.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.