Misteri Kalibiru yang Kini Objek Wisata Akhir Pekan di Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Mungkin beberapa pengunjung pernah mendengar nama Kalibiru, salah satu tempat wisata di ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo, tepatnya di Kelurahan Banabungi.

Kalibiru merupakan tempat wisata terkenal akan keindahannya, yaitu airnya yang berwarna biru. Tapi jangan salah, airnya tetap jernih namun karena semua tanggul yang mengelilingi kali itu berwarna biru sehingga airnya pun bak warna langit.

Dari cerita yang berkembang, nama objek wisata ini memiliki arti unik. Konon Kalibiru bernama asli Kalilakua, dalam bahasa setempat adalah Pocu Lakua atau “Kepala Berambut Putih,” yakni seorang pria tua yang dulunya menjaga kebun sekitar lokasi Kalibiru.

Namun sekitar tahun 2010, nama Kalilakua berubah menjadi Kalibiru. “Dulu namanya kalilakua. Itu adalah laki-laki yang jaga kebun disini, sekarang disebut Kalibiru,” tutur Palo, Salah Seorang Pedagang di Lokasi Kalibiru, Jumat (10/03/2017).

Diceritakannya, Kalibiru sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Kemudian dilakukan perbaikan pada massa pemerintahan Bupati Buton, Safei Kahar, sekitar tahun 2010.

Kini lokasi itu menjadi daya tarik wisata keluarga yang asik di akhir pekan. Tidak jarang, para pendatang juga menyempatkan waktu sekedar berelaksasi sejenak.

“Yang datang di sini sudah banyak, bukan hanya warga sini. Turis-turis dari luar juga sering ke sini kalau mereka sedang berada di Buton,” ujarnya.

Kalibiru hanya memiliki satu mata air yang tersambung langsung dengan Gua Labea Pangulu tidak jauh dari Kalibiru. Kali tersebut, memiliki kedalaman sekitar empat meter jika air laut sedang pasang. Serta kedalaman 2,5 meter apabila air surut.

Air di Kalibiru kadang terasa asin, jika air laut sedang pasang. Kalau tidak airnya tetap tawar.

Fasilitas penunjang cukup lengkap. Tidak perlu membayar, alias gratis ketika memasuki kawasan ini. Jangan takut merasa kepanasan, karena selain disekitarnya ditumbuhi pepohonan rindang, juga terdapat banyak gazebo yang dibangun pemerintah setempat.

Disini pengunjung bisa bermain sepuasnya, apakah sekedar bercanda ria ataupun berenang. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, dianjurkan tetap dijaga. Ada juga fasilitas lain, seperti sepeda air bebek atau air fiberglass yang bisa memanjakan para pengunjung.

Aksesnya pun terbilang mudah. Cukup 40 menit perjalanan dari daerah Baubau menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Jangan resah dengan keadaan ruang parkirnya. Disini disediakan kawasan khusus parkiran. Jadi sempatkan diri berkunjung ke Kalibiru saat berada di Kabupaten Buton.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.