Iklan Clarion

Mitos Bulu Mata Jatuh dan Faktanya dari Segi Medis

SULTRAKINI.COMl: Percayakah kamu dengan mitos? Di Indonesia dengan beragam suku dan budayanya tentu memiliki mitos yang kadang masih dipercayai masyarakat hingga kini. Misalnya, mitos seputar aktivitas tubuh manusia.

Mitos dalam bahasa Yunani, mytos atau mite atau bahasa Belanda, mythe merupakan bagian dari suatu folklor (serangkaian praktik sebagai sarana penyebaran berbagai tradisi budaya) yang berupa kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta, seperti penciptaan dunia dan keberadaan makhluk di dalamnya. Serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian luas, mitos dapat mengacu pada cerita tradisional. (wikipedia)

Berikut sejumlah mitos berkaitan dengan anggota tubuh yang tersebar di masyarakat.

1. Bulu mata jatuh

Pernahkan anda dengar dari teman misalnya bahwa jika bulu mata anda jatuh ada seorang yang rindu kepada anda? Bulu mata jatuh menandakan ada sesesorang yang rindu atau tidak suka. Bila bulu mata jatuh di sebelah kanan, berarti ada yang rindu. Jika jatuh bulu mata di sebelah kiri, ada yang tidak suka. Selain itu inisialnya pun bisa diketahui dari tanggal bulu mata jatuh. Misalkan, bulu mata jatuh di sebelah kanan tanggal 11, ada seorang berinisial K yang rindu.

Ternyata, bulu mata memang bakal lepas tiap 3 bulan sekali. Karena sama halnya dengan alis, bulu mata tidak bisa memanjang seperti rambut di kepala. Akhirnya bulu mata yang sudah tua akan lepas satu per satu untuk kemudian tumbuh rambut baru. Tapi, kalau jumlah jatuhnya bulu mata cukup banyak, bisa jadi pertanda penyakit serius loh! Pemeriksaan dokter pun dibutuhkan buat mendeteksi penyakit lebih lanjut.

2. Mata berkedut

Mitos lain tentang mata adalah kedutan. Sama seperti bulu mata jatuh, kalau mata sebelah kanan berkedut, ada yang rindu. Sedangkan bila mata sebelah kiri yang berkedut akan ada kejadian yang membuat orang tersebut menangis.

Namun dalam dunia medis, kedutan dikenal dengan istilah myokymia. Kedutan biasanya tidak bertahan lama, hanya sekira beberapa menit. Kondisi itu bisa terjadi karena overstimulasi otot atau kelelahan. Asupan kafein berlebih, pola tidur terganggu/tidak cukup, tekanan pada mata, dan mata kering adalah hal-hal yang bisa membuat mata terasa lelah sehingga terjadi kedutan.

3. Kuping berdengung

Pernahkah, merasa tiba-tiba kuping anda berdengung, padahal tidak berada di keramaian? Banyak yang percaya jika itu menandakan ada seseorang yang membicarakan anda di belakang atau tanpa sepengetahuan anda. Atau akan mendapatkan suatu keberuntungan.

Sebenarnya telinga berdengung punya istilah medis yang disebut tinnitus. Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti dengungan di telinga. Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Penyebab ringannyya, karena mendengar suara yang sangat keras dalam waktu lama, akibat efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina, serta karena kekurangan Zat Besi. Sedangkan penyebab serius bisa dikarenakan adanya tumor di kepala atau leher. Sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan, dan beberapa penyebab lainnya. Duh ngeri, ya?

4. Tanda putih di kuku

Adanya tanda putih di kuku juga dikaitkan dengan mitos. Bila ada tanda tersebut maka ada lawan jenis yang memendam perasaan pada Anda. Bila terdapat dua tanda putih di kuku maka ada dua orang yang menyukai anda, begitu seterusnya. Selain itu, bila tanda putih di kuku berada di jari tengah, maka orang yang menyukai anda bertubuh tinggi.

Faktanya, penyebab paling umum munculnya garis atau tanda putih tersebut dikarenakan suatu kondisi yang disebut dengan Leukonychia. Kondisi ini paling sering terjadi akibat trauma ringan pada kuku. Yang menyebabkan pertumbuhan kuku melambat, karena nggak sadar pernah mendapat cedera pada kuku. Tanda putih ini tidak akan kembali lagi kecuali terjadi trauma yang sama. Tapi, kalau hampir semua kuku menunjukkan ada titik atau garis putih, bisa jadi Leukonychia berhubungan dengan kondisi lain yang lebih serius seperti anemia.

5. Tangan gatal

Tak sedikit orang yang percaya jika tangan gatal secara tiba-tiba menandakan akan mendapatkan rezeki. Namun hal itu belum tentu benar. Berharap juga bisa.

Padahal ada banyak hal yang menyebabkan telapak tangan menjadi gatal. Misalnya, eksim, dermatitis kontak, carpal tunnel syndrome, alergi pada suatu hal, bahkan lupus. Jadi, harus amati juga tanda-tanda lainnya. Serta berapa lama telapak tangan terasa gatal. Pastikan juga punya alergi pada suatu hal atau tidak

Sumber: Okezone.com dan Zetizen.com

Laporan: Yuti Sandra J

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.