Monev di Desa, DPMD Buteng Tekankan Program Prioritas Pemda 2020

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara mulai monitoring dan evaluasi (Monev) terkait program prioritas Pemda di kegiatan desa yang berhubungan dengan dana desa atau anggaran dana desa pada 2019, dan persiapan tahun 2020 kepada setiap desa dengan waktu yang disesuaikan.

Kepala Dinas PMD Buteng, Armin, menerangkan terpenting dalam perencanaan 2020 adalah Pemda Buteng memprioritaskan pembinaan dana desa. Ketika desa punya skala prioritas dan tidak dapat ditawar lagi, maka dua hal ini dapat ditangguhkan pada tahun berikutnya.

“Prioritas Pemda di 2020 yang pelaksanaanya di dana desa, yaitu Desa Terang dan Desa Sehat dimana dalam desa harus ada bidan dan perawat,” jelasnya.

Dijelaskannya, APBDes akan dievaluasi bupati. Pembentukan kelompok kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) diketuai Sekda Buteng, dengan kadis PMD sebagai sekretaris juga sudah dibentuk bupati tahun ini.

“Jadi rancangan APBDes akan berubah jika Pokja P3MD menganggap hal itu belum prioritas,” tambahnya.

Kepala Dinas PMD Buteng memonitor produk Bumdes Wasilomata II. (Foto: Muhammad Shabuur/SULTRAKINI.COM)

Dinas PMD memulai monev di Desa Wasilomata II, Kecamatan Mawasangka. Nampak hadir dalam agenda itu pemerintah desa mulai dari kades, perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta lembaga yang ada di Desa Wasilomata.

“Kita melakukan monitoring dan evaluasi ini rutin, ini tugas yang melekat. Kita target tiga kali setahun di setiap pencairan dana desa akan dilihat manfaatnya,” terangnya.

Dalam monev tersebut, perangkat desa dan lembaga yang ada di desa diminta hadir dengan tujuan mencapai perbaikan-perbaikan ke depannya.

“Kami harap semua unsur yang ada di desa dapat memberikan informasi kepada kami, supaya jadi bahan pembinaan selanjutnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, setelah monev di Desa Wasilomata II, Dinas PMD Buteng yang didampingi tenaga ahli dan pendamping desa Kabupaten Buton Tengah dan Kecamatan Mawasangka, melanjutkan monev di Desa Wasilomata I dan Desa Matara wilayah Kecamatan Mawasangka. (Adv)

Laporan: Muhammad Shabuur
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.