Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Mongkeluno, Wisata Puncak Potensial Bangkitkan Pariwisata Muna

SULTRAKINI.COM: MUNA – Setelah Pemerintah Daerah (Pemda) Muna membuka akses jalan tujuh kilometer yang dimulai dari kecamatan Duruka sampai kecamatan lohia. Desa Loghiya Kecamatan Lohia Kabupaten Muna membuka akses wisata baru yang dikenal dengan Puncak Mongkeluno.

Pengunjung akan disajikan pemandangan yang indah selat muna yang berwarna biru, melihat Sarana Olah Raga (SOR) yang terdapat masjid Al-Munajad dengan kubah emasnya, serta pelabuhan Raha dari kejauhan. Selain melihat pemandangan nan indah, pengunjung disajikan spot berfoto hasil karya masyarakat Desa Loghiya, juga cerita sejarah Mongkeluno sebagai kota tua Muna.

Pengamat Pariwisata, Mohammad Ali mengatakan Sselain terpenuhinya atraksi dan ketersediaan amenitas, maka aksesibilitas merupakan kunci utama dalam mengembangkan pariwisata suatu daerah. Pembukaan jalan baru adalah bukti keseriusan pemerintah Kabupaten Muna untuk terus -menerus membangun pariwisata setempat.

“Peningkatan konektivitas suatu daerah itu penting agar, tersedia aksesibilitas sehingga wisatawan bisa dimudahkan saat berkunjung,” kata Ali kepada SultraKini.Com melalui sambungan WhatsApp, Selasa (27/3/2018).

Menurut Ali, pengembangan wisata Puncak Mongkeluno akan menyuguhkan keindahan alam perbukitan dan daratan Muna.

“Wisatawan yang menyukai wisata puncak, atau yang melakukan perjalanan jauh melewati jalan poros Raha-Lohia bisa singgah untuk menghilangkan rasa capek dan menikmati pemandangan yang indah di puncak Mongkeluno,” terang mantan pemandu wisata itu.

Kata dia, pembangunan pariwisata Muna akan semakin meningkatkan citra pariwisata Muna. “Citra Pariwisata Muna akan lebih cepat meningkat, kalau terus-menerus dikembangkan pemerintah,” tambah Ali.

 

Laporan: La Ode Alim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.