Mood Swing Datang Tiba-Tiba ? Atasi dengan Cara Ini

  • Bagikan
ilustrasi (Foto: google)

SULTRAKINI.COM: Pernahkah merasakan mood yang berubah-ubah, dari yang tadinya baik-baik saja menjadi sangat tidak menyenangkan. Efeknya, pekerjaan jadi terganggu dan perasaan yang tidak enak pun muncul. Inilah yang dinamakan mood swing.

Hal ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bisa karena suasana, lingkungan maupun hormon. Sebagai cara menanggulanginya, berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mood swing.

1. Perbaiki Jadwal Tidur

Seperti yang telah banyak diketahui, untuk orang dewasa disarankan tidur antara tujuh sampai delapan jam perhari. Jika hal ini diabaikan, maka mood bisa berantakan dan kesehatan tubuh pun terganggu. Jika merasa jam tidur kurang dari yang dianjurkan, sebaiknya mulai mengatur jadwal supaya mendapatkan waktu yang cukup untuk memperbaiki jadwal tidur. 

2. Keluar Sejenak Saat Siang Hari

Pergi ke luar di siang hari, bahkan jika hanya selama 15 menit, dapat membantu mendapatkan paparan sinar matahari yang bisa meningkatkan mood. Apalagi bagi yang pergi bekerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah terbenam.

3. Berolahraga

Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi segar dan melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan mood serta energi. Bonusnya, tidurpun akan terasa lebih nyenyak.

4. Konsultasi dengan Orang Terdekat atau Profesional

Jika sudah mencoba semua hal di atas dan masih tidak merasa memiliki mood yang bagus, jangan ragu untuk menceritakan masalah yang dirasakan ke teman atau orang yang dipercayai. Selain itu, dokter atau konselor kesehatan mental mungkin akan bisa membantu dengan terapi dan hal lainnya yang bisa membuat mood semakin baik secara medis.

Sumber: liputan6.com

  • Bagikan