Muamalat Masuk Daftar Bank Terbaik di Dunia Versi Forbes

SULTRAKINI.COM: KENDARI – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil meraih prestasi membanggakan dengan dinobatkan sebagai salah satu bank terbaik di dunia atau The World’s Best Banks 2021 oleh Majalah Vorbes. 

Pengakuan The World’s Banks tersebut mengacu pada hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 43.000 pelanggan di 28 negara. Peserta survei diminta untuk menyebutkan semua bank tempat mereka menabung kemudian, peserta harus menilai bank berdasarkan rekomendasi dan kepuasan keseluruhan, serta memenuhi lima kriteria yakni kepercayaan, syarat dan ketentuan, layanan pelanggan, layanan digital dan nasihat keuangan.

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Kendari, Fitrawan mengungkapkan, masuknya perseroan dalam salah satu bank terbaik dunia oleh Forbes merupakan sebuah pencapaian besar mengingat standar penilaiannya yang tinggi dan ketat. Selain itu, bank-bank lain yang masuk dalam daftar tersebut merupakan bank besar dengan reputasi yang tak kalah hebat. 

“Capaian ini tak lepas dari kerja keras seluruh manajemen dan karyawan Bank Muamalat. Kami  juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya nasabah kami yang senantiasa loyal dan mendukung Bank Muamalat sehingga kami berhasil masuk dalam daftar bergengsi ini,” tuturnya, Kamis (3/6/2021).

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Kendari Fitrawan, (Foto: Ist)

Lebih lanjut, Fitrawan juga mengatakan penyematan dari Forbes ini menjadi buah dari konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem perbankan berbasis syariah dibarengi dengan peningkatan layanan hingga digitalisasi yang adaptif bagi nasabah. 

“Ini juga menjadi pembuktian, bahwa prinsip syariah dalam dunia perbankan semakin banyak dimanfaatkan dan sesuai dengan kebutuhan finansial nasabah, secara universal sekalipun,” paparnya.

Dari 500 bank yang ada dalam The World’s Best Banks 2021 itu, hanya 20 bank yang berasal dari Indonesia, yang mana Bank Muamalat salah satunya. Forbes menempatkan bank-bank tersebut karena mampu memainkan peran penting dalam menjaga ekonomi global tetap bergerak selama pandemi Covid-19 melanda. 

Bank Muamalat sendiri dalam beberapa tahun gencar melakukan tranformasi digital yang merupakan salah satu dari tiga pilar strategi bisnis perseroan sembari melakukan pembenahan mulai dari front end untuk meningkatkan layanan yang dinikmati nasabah hingga back end dengan melakukan re-engineering infrastruktur digital, termasuk menggunakan sistem robotik. 

Untuk front end, saat ini Bank Muamalat memiliki setidaknya 5 inovasi digital yang sangat memudahkan nasabah di antaranya ialah aplikasi Muamalat DIN, digital account opening, metode pembayaran berbasis QR code, smart transaction alias transaksi tanpa kertas, dan pemutakhiran SalaMuamalat untuk call center. 

Selain itu, selama masa pandemi Covid-19 melanda telah terjadi pergeseran kebiasaan nasabah Bank Muamalat menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital dan semakin sedikit yang datang ke kantor cabang. Hal itu terlihat dengan transaksi digital yang dilakukan nasabah selama pandemi mencapai 60 persen dari total transaksi per bulan. Padahal, porsi transaksi digital sebelum pandemi hanya sekitar 30 persen dari total transaksi.

Perlu untuk diketahui, pada awal tahun 2021 Bank Muamalat juga dinobatkan sebagai bank syariah terbaik di Indonesia dalam hal pelayanan dan menjaga loyalitas nasabahnya dalam 4rd Satisfaction, Loyalty, dan Engagement (SLE) 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah Infobank. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.