Mubar Kekurangan Tenaga Dokter

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat, kekurangan tenaga dokter umum dan dokter gigi di sepuluh Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

Berdasarkan data pihaknya, hingga kini jumlah kekurangan sebanyak 18 tenaga dokter umum dan 15 tenaga dokter gigi disetiap puskesmas di Muna Barat. jumlah itu dialami Puskesmas Lawa, Tiworo Utara, Kampobalano, Wuna dan Puskesmas Marobea.

“Sedangkan sepuluh puskesmas lainnya, belum terisi tenaga dokter, baik dokter umum ataupun spesialis,” Jelas Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya, kepada SultraKini.Com, Rabu (8/03/2017).

Ia memprediksikan, penyebab tersebut terjadi dikarenakan para tenaga medis tersebut kurang minat ditempatkan didaerah yang topografi wilayah, sarana prasarana serta dari aspek ekonomi kurang menguntungkan para dokter untuk bertugas di wilayah kepulauan tersebut. 

“Rasa enggan (tidak suka) seperti ini wajar dan normal mencerminkan perilaku dalam pasar kerja, apalagi profesi sebagai dokter ahli,” ujarnya.

Untuk menutupi kurangnya tenaga dokter itu, pihaknya melakukan kerja sama dengan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sultra dalam penempatan alumni bidang kedokteran di daerah Kabupaten Muna Barat.

“Tahun ini kami akan menata kembali sarana dan prasarana di setiap Puskesmas, menyesuaikan dengan keuangan daerah untuk meningkatkan insentif (penghasilan) bagi para dokter. Agar menarik minat para dokter nantinya,” tutup Maha Jaya.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.