Mubar Mulai Latih Pemandu Wisata Untuk Menunjang Sektor Pariwisatanya

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat, Abd. Nasir Kola dan Bupati Muna Barat Laode M Rajiun Tumada disuatu acara. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara, sedang mempersiapkan pelatihan 15 tour guide atau pemandu wisata guna mendampingi para wisatawan yang berkunjung ke wilayah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mubar, Abd. Nasir Kola menjelaskan pemandu wisata asli warga setempat itu direncanakan mulai dilatih awal Juli 2018. Tenaga ahli komunitas pemandu wisata dari provinsi juga dikerahkan untuk memberikan pelatihan.

“Jika nanti ada wisatawan mancangera yang mau datang ke Mubar, mereka langsung yang akan memandu,” jelas Nasir, Kamis (29/3/2018).

Setiap destinasi nantinya ditempatkan tiga orang pemandu wisata, di antaranya Pulo Indo di Kecamatan Tiworo Kepulauan, Pantai Pajala di Desa Pajala, Kecamatan Maginti, tracking mangrove di Desa Waoukuni, Kecamatan Sawerigadi, Permandian air tawar Wakatante di Desa Latugho, Kecamatan Lawa, serta Permandian mata air Kaaghi di Desa Lakanaha, Kecamatan Wadaga.

“Diharapkan dilatihnya pemandu wisata ini bisa memberikan pemahaman budaya dan bahasa daerah Muna sehingga para wisatawan tidak kesulitan jika datang berkunjung ke Mubar,” ucap Nasir.

Ditekankannya, pemandu wisata harus bisa memberikan jaminan keselamatan kepada para wisatawan, agar berdampak pada kenyamanan berwisata sehingga membantu meningkatkan pendapatan asli daerah.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan