Mudik Gratis dengan Kapal, Pemerintah Tambah Armada

SULTRAKINI.COM: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah jumlah armada dalam program mudik gratis menggunakan kapal laut. Kapal tersebut merupakan kapal Mutiara Sentosa 3 milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Bay M Hasani menuturkan, kapal ini melengkapi kapal Pelni lain yang telah digunakan untuk program ini, yaitu KM Dobonsolo. 

Dengan tambahan tersebut, maka kuota sepeda motor untuk program mudik gratis akan bertambah dari 10 ribu motor menjadi 11.250 unit, sedangkan kuota penumpang akan bertambah dari 20 ribu penumpang menjadi 22.500 penumpang.

Ia mengaku senang akan tambahan armada ini. Pasalnya, Kemenhub memang membuat program mudik gratis untuk mengakomodasi pemudik yang menggunakan sepeda motor agar bisa selamat sampai tujuan. 

“KM Mutiara Sentosa 3 ini baru saja memberikan kontrak bantuan, mendekati masa-masa lebaran. Total angkutan motor dan penumpang gratis jadi bertambah,” jelas Bay di Kemenhub, Rabu (14/6).

Rencananya, KM Mutiara Sentosa ini akan melayani rute Jakarta-Semarang tanggal 22 Juni mendatang dan arus balik tanggal 29 Juni. Namun, karena baru dibuka belakangan, maka peminat mudik gratis lewat kapal KM Mutiara Sentosa ini dianggapnya baru sedikit.

Hingga hari ini, calon kendaraan KM Mutiara Sentosa yang rencananya diangkut tanggal 22 Juni mudik baru mencapai 113 motor atau 9,03 persen dari kuota sepeda motor sebanyak 1.250 unit. Sementara itu, calon penumpang yang telah mendaftar untuk kapal ini baru sebesar 230 orang dari kuota sebesar 2.500 orang.

“Karena kami kontraknya baru, sehingga peminat masih sedikit. Kalau menggunakan kapal Dobonsolo, jumlah pemudiknya sudah meningkat. Penumpang mudik gratis menggunakan kapal Dobonsolo paling banyak tercatat tanggal 23 Juni mendatang dengan jumlah 1.093 motor dan 2.281 orang. Memang ramainya menjelang hari raya, mungkin karena Tunjangan Hari Raya (THR) masyarakat sudah cair,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bay menjelaskan, pendaftaran mudik gratis via daring memang telah ditutup sejak 13 Juni silam. Namun, pemudik bisa mendapatkan tiket di gerai-gerai tertentu hingga 16 Juni mendatang. Adapun, gerai yang dimaksud terletak di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Gelanggang Olahraga (GOR) Balai Rakyat, dan GOR Ciputat.

Pada saat mendaftar, pemudik pun hanya menyerahkan kartu identitas, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Surat Izin Mengemudi (SIM) asli. Ia menjamin, seluruh proses pendaftaran hingga keberangkatan tidak dipungut biaya sepeser pun.

CNN indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.