MUI: Makna Idul Adha Adalah Berbagi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Hari raya kurban tidak lama lagi akan dilaksanakan. Jelang momen tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara (Sultra) berpesan kepada umat Muslim yang mampu secara ekonomi untuk dapat berkurban.

Ketua MUI Sultra, Mursyidin saat ditemui SULTRAKINI.COM, Rabu (07/09/16) menuturkan, bagi yang mampu untuk berkurban, agar sedianya ikhlas berbagi dengan umat muslim yang lain mumpung masih hidup di dunia ini. “Kita tidak mengetahui apakah kita masih hidup tahun depan atau tidak,” kata Mursyidin.

Fortune

Menurutnya, beberapa hal harus diperhatikan ketika akan berkurban, diantaranya pemilihan hewan kurban. Untuk mendapatkan hewan kurban yang baik harus diperiksa kondisi kesehatannya, berat tubuhnya,  dan tidak cacat. Adapun hewan yang dapat di Kurbankan yakni hanyalah Kambing atau domba, dan Sapi.

Dijelaskan Mursyidin, berbeda dengan hari raya Idul Fitri yang bermakna kemenangan atas kemampuan melawan hawa nafsu selama Ramadan, hari raya Idul Adha bermakna penguatan persaudaraan dan berbagi. “Berdasarkan Hadis Riwayat Muslim, Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa barang siapa yang memiliki kemampuan, namun ia tidak berkurban, maka jangan coba-coba dekati mesjid,” kata Mursyidin menerangkan Hadist.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.