SUARA

Mulai Saat Ini Wakatobi Bisa Mendeteksi Gempa dan Tsunami

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Sebagai daerah yang memiliki luas laut 97 persen dan daratan hanya tiga persen, tentu gempa yang berpotensi tsunami merupakan ancaman terbesar bagi masyarakat Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Namun kini masyarakat setempat tak perlu hawatir, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wakatobi telah memasang alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami.

“Alhamdulillah saat ini kita telah memiliki alat pendeteksi gempa dan tsunami, jadi sebagai daerah yang memiliki luas laut 97 persen kita tidak terlalu khawatir lagi,” kata Kepala BPBD Wakatobi, Syarifuddin Moane, Selasa (13/2/2018).

Menurutnya, alat pendeteksi tersebut bisa mendeteksi potensi gempa dan tsunami sampai di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini kita tidak minta-minta, kalau nanti ada gempa yang berpotensi tsunami kita sudah tahu dari alat ini. Jadi masih waktu untuk kita sampaikan ke masyarakat untuk lari ke tempat yang lebih tinggi,” terang Syarifuddin.

yamaha

Menurutnya, alat pendeteksi ini sama dengan digunakan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mendeteksi gempa dan tsunami. Bahkan kata dia, pihaknya telah membentuk tim rescue yang siap setiap saat jika terjadi bencana, untuk membantu mengevakuasi warga.

“Alat ini akan bekerja setiap saat dari detik ke detik, menit ke menit setiap harinya,” ungkap Syarifuddin.

(Baca juga: Hore! Empat Dokter Spesialis akan Layani Gratis Warga Wakatobi II)

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.