Muna Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami 

  • Bagikan
Pusat gempa (Foto: Dok. BMKG)
Pusat gempa (Foto: Dok. BMKG)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari baru saja merilis bahwa pada Selasa, 8 Desember 2020 sekitar pukul 20:57:43 Wita telah terjadi gempa tektonik di sebelah Barat Laut Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dengan kekuatan 3,2 skala ritcher (SR).

Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=3,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.68 Lintang Selatan, 122.67 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17.9 Km, Barat Laut Raha Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 Kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Buton Segmen A di Barat Laut Raha,” ujar Rosa Amelia, Kepala Stasiun BMKG Kendari, Selasa (8/12/2020).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Raha dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 21.20 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” tegasnya

Namun demikian, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan