Muna Tingkatkan Ruas Jalan Berstandar Nasional

  • Bagikan
Rusmam Emba. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).
Rusmam Emba. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: MUNA – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Muna guna menunjang kelancaran transportasi dan perekonomian daerah setempat. Disisi lain juga membantu percepatan pengembangan pariwisata.

Peningkatan infrastruktur itu dilakukan di dalam Kota Raha, Kabupaten Muna, misalnya Poros Motewe-Watopute dan Poros di Kecamatan Duruka-Kecamatan Lohia yang berstandar nasional.

“Dalam konsep kita itu, perlu dimaksimalkan yang tadinya lebar jalan 3-4 meter di tingkatkan menjadi 14 meter. Insya Allah walaupun jalan nasional, tapi kita sudah komunikasikan karena pihak balai tidak bisa membuat jalanan kalau bahu jalan tidak ada inisiasi dari Pemerintah Daerah setempat,” kata Bupati Muna, LM. Rusman Emba kepada SultraKini.Com, Senin (1/8/2017).

Pelebaran jalan sepanjang 15 kilometer pada tahap pertama sedang dalam proses pengerjaan, termaksud pengaspalan dengan mekanisme penetrasi sembari berharap dari pemerintah pusat. Sementara untuk pembuatan jalan dua jalur sekitar lima kilometer dan untuk kelanjutannya secara keseluruhan khususnya jalan-jalan poros kabupaten.

“Pemerintah pusat tentu punya mekanisme tersendiri dalam standar pengaspalan. Untuk anggaran tahap pertama itu hampir Rp 7 miliar dari APBD, kita berharap tahun ini bisa selesai dan berjalan efektif, tidak ada kendala maka akan sedikit ada perubahan di wajah Kabupaten Muna. Dianggaran perubahan kita akan maksimalkan,” tambah Rusman.

Ditambahkannya, pembangunan Infrastruktur publik diantaranya pembangunan gedung pelayanan terpadu, kompleks perumahan adat, jogging park dan lapangan futsal menggunakanABPD murni.

“Hampir semua kegiatan terpusat di kota, tentu banyak hal sarana prasarana yang harus menjadi standar termaksud penataan. Sebetulnya keindahan Kota Raha terletak di pantai, sehingga kalau ini kita maksimalkan bisa menjadi potensi wisata,” ujar Rusman.

Laporan: Arto Rasyid

  • Bagikan