Iklan Clarion

Musrembang Desa Lakanaha Prioritaskan Sarana dan Prasarana Serta Sektor Ekonomi

SULTRAKINI. COM: MUNA BARAT – Pemerintah Desa Lakanaha menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018, Rabu (24/1/2018). Kepala Desa Lakanaha, Ahmad Juni menjelaskan musrenbang desa adalah forum musyawarah tahunan para stakeholder desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

Melalui musrenbang Desa Lakanaha, aspirasi masyarakat akan didengarkan untuk peningkatan pembangunan dengan menyesuaikan keuangan desa.

“Tentu ada beberapa kegiatan yang harus diperioritaskan sehingga semua usulan kegiatan tidak terakomodir semua,” kata Ahmad Juni.

Namun dari beberapa bagian pihaknya tetap memprioritaskan sisi pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, sisi pembangunan masih kurang diterapkan di desanya. Bahkan bentuk pemberdayaan belum pernah tersentuh.

Sehingga dari musrenbang ini, ditetapkan sejumlah rencana pembangunan, di antaranya Dusun Satu mengusulkan traktor, pembibitan ayam potong, pelatihan menjahit, rehab sumur, MCK, percetakan sawah, dan pengadaan bibit rambutan. Sedangkan masyarakat Dusun Dua  mengusulkan traktor pertanian, sapi, tenaga surya, percetakan sawah, jalan usaha tani, MCK, paud, sambungan jalan usaha tani, dan rehab sumur. 

“Usulan ini yang akan diprioritaskan desa adalah menyangkut sarana dan prasarana dan peningkatan kapasitas ekonomi, seperti pembibitan ayam potong. Sementara sarana prasarana meliputi jalan, jembatan serta sarana olahraga. Karena kedua ini juga merupakan menjadi kebutuhan dalam desa,” jelas Ahmad Juni. 

Acara ini dihadiri Ketua dan Anggota BPD Desa Lakanaha, para Kepala Dusun Desa Lakanaha serta Pendamping Lokal Desa dan seluruh masyarakat Desa Lakanaha.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.