Musrembang Pulau Binongko: Dibentuk 34 Program Prioritas

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan, berlangsung di Pulau Binongko. Pulau terjauh dari Kabupaten Wakatobi itu, menghasilkan 34 program prioritas untuk pembangunan mendatang.

Pengusulan melibatkan delapan desa, enam kelurahan dari dua kecamatan, yakni Togo Binongko dan Binongko di Pulau Binongko Jumat, 17 Maret 2017.

Total 46 program yang diusulkan Kecamatan Togo Binongko. Tetapi hanya 18 program yang prioritas, yaitu Pengadaan bibit ternak kambing dan pengadaan bantuan pupuk urea dan pupuk NPK di Desa Sowo, Popalia, Oihu, Waloindi dan Desa Hakka. Pembuatan jalan poros Popalia-Oihu, pengadaan rumah, penataan Pantai Onemelangka dan Hutan Bakau di Desa Sowa, bantuan peralatan pengukur suhu dan pelebur besi di Desa Popalia dan Desa Sowa. Perbaikan Masjid Sowa dan Popalia, Perbaikan Kantor Camat Togo Binongko, pembangunan Dermaga Togo Binongko dan rehabilitasi perumahan guru SD di Desa Popalia dan Desa Sowa.

Sedangkan Kecamatan Binongko dari 33 program hanya 16 program prioritas seperti pengaspalan jalan Desa Lagongga, pembangunan PAUD di Desa Lagongga, rehabilitasi Gedung SDN Wakarumende, rahabilitasi berat perumahan guru di Kampo-kampo, Perbaikan Benteng Perahu, pembanguan kamar mandi umum Makaro, Pembangunan dermaga di Palahidu Barat, pembangunan tangga Pantai Palahidu Barat, perbaikan Pelabuhan Benteng Perahu, rehabilitasi  jembatan Rukuwa, pembangunan lanjutan jalan PLN, pengadaan tenda Pasar Palahidu, perbaikan Benteng Perlindungan Perahu Taipabu, perbaikan rabat di Taipabi, pengaspalan jalan Wali-Haka dan lanjutan pengaspalan.

Menurut Bupati Wakatobi, Arhawi, dua Kecamatan di Pulau Binongko termaksut sedikit mengusulkan program pembangunan. Tetapi membutuhkan banyak anggaran. Misalnya, anggaran proyak hanya 1 sampai 2 miliar rupiah, maka para kontraktor punya pertimbangan transportasi untuk mengangkut marerial proyek.

“Kalau kontraktor bawa alat berat dari Kendari bawa kesini akan menelan anggaran ratusan juta. Kita akan cari solusi agar pembagunan  tetap berjalan,” ujarnya, Jumat (17/03/2017).

Musrembang tersebut juga dihadiri Sekda Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu dan Anggota DPRD Fraksi PPP Dapil Binongko, Abdul Gani.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.