Musrembang Wakatobi: Program Penyelamatan Hutan Tidak Ada

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, Arhawi saat membawakan sambutan di Musrembang Kecamatan Wangi-wangi. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Buka Musrembang tingkat kecamatan di Wangi-wangi, Bupati Wakatobi, Arhawi tekankan harus ada program pelestarian hutan, Senin (20/03/2017).

Dikatakannya, dari 152 program yang diusulkan oleh Kecamatan Wangi-wangi dan 147 program yang diusulkan oleh Kecamatan Wangi-wangi Selatan (Wangsel) tidak ada yang berkaitan dengan pelestarian hutan.

“Dari program yang diusulkan ini tidak ada yang berfikir untuk penyelamatan hutan,” kata Arhawi saat membawakan sambutan saat Musrembang tingkat Kecamatan Wangi-wangi dan Kecamatan Wangsel, yang diselenggarakan di aula Kecamatan Wangi-wangi, Senin (20/03/2017).

Menurut Arhawi, pelestarian hutan sangat penting, karena pohon yang berada di hutan sebagai sumber resapan air agar tidak terjadi kekeringan air di Wakatobi. Apa lagi sebagian besar daratannya empat pulau ini merupakan batu.

Ia juga menyarankan para camat untuk membuatkan daftar hutan dan kebutuhan pelestarian hutan. Karena walaupun nantinya Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, namun terjadi krisis air di Wakatobi khususnya Pulau Wangi-wangi  maka tidak ada gunanya keberhasilan lain yang telah dicapai.

“Coba berfikir apa yang kita mau tanam di Hutan Kaindea Wanci, Kaindea Mandati, Teo dan beberapa hutan besar sebagai penyerapan air. Jangan terlalu berfikir untuk buat alur masuk perahu terus,” terangnya.

  • Bagikan