Nelayan di Buteng Terima Bantuan Sosial Tunai, Tiga Tahap Diterima Sekaligus

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah menyalurkan bantuan sosial tunai perikanan kepada sejumlah nelayan di tujuh kecamatan, Selasa (14/7/2020). Bantuan bertahap selama tiga bulan itu, diterima sekaligus oleh nelayan setempat.

Bantuan sosial tunai perikanan merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk nelayan terdampak Covid-19 di Buteng, dengan total anggaran kali ini Rp 1,8 miliar.

“Bantuan ini khusus diberikan hanya nelayan. Saya harap masyarakat bisa paham supaya jangan ada lagi ribut-ribut,” jelas Bupati Buteng, Samahuddin, Selasa (14/7/2020).

Penerima bantuan tersebut, yakni 985 orang nelayan dari total 4.000 orang nelayan yang diusulkan Dinas Perikanan Buteng. Mereka yang menerima bantuan tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Gu 91 orang, Lakudo 231 orang, Sangiawambulu 37 orang, Maswasangka Timur 80 orang, Mawasangka Tengah 79 orang, Mawasangka 274 orang, dan Kecamatan Talaga 193 orang.

Id Bulog

Ditambahkan Kadis Perikanan Buteng, Muh. Rijal, bantuan sosial tunai perikanan diberikan dalam jangka waktu tiga bulan secara bertahap. Namun penyalurannya dilakukan dalam satu tahap.

Di satu sisi, penerima bantuan tersebut dipastikan tidak akan terdaftar sebagai penerima bantuan BLT dana desa. Hal ini guna meminimalisir kecemburuan sosial, sebab banyaknya bantuan yang disalurkan Pemda Buteng.

“Pada prinsipnya bantuan diterima selama tiga bulan, dengan jumlah 600 ribu per bulan, tapi kali ini kita langsung terimakan satu kali, jadi mereka (para nelayan) langsung terima 1,8 juta rupiah,” terang Muh. Rijal. (B)

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.