Nelayan Purirano Terima Paket Bantuan Perikanan dan Kartu Asuransi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Kelautan Perikanan RI melalui Pemerintah Kota Kendari, nelayan Kelurahan Purirano menerima Paket Bantuan Perikanan, Sabtu (8/04/2017).

Paket bantuan berupa kapal perikanan, alat tangkap dan kartu asuransi nelayan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, Agus Salim Safrullah, sesaat sebelum Walikota Kendari, Asrun, menyerahkan paket bantuan tersebut kepada nelayan Purirano.

Meski tak merinci jumlah nelayan penerima bantuan, tetapi secara keseluruhan Pemkot Kendari memberikan 18 unit kapal fiber, 30 unit alat tangkap dan 1.432 kartu asuransi nelayan. 

“Semua itu, selain di Purirano ini kita distribusi juga di Kecamatan Kendari Barat, Abeli, Poasia, dan Lapulu. Untuk kartu asuransi kita targetkan  2.000 lembar yang akan dibagikan nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, bantuan kapal dan alat tangkap diberikan kepada kelompok nelayan yang terdaftar dan aktif dalam koperasi nelayan. Begitu pula untuk kartu asuransi, hanya saja untuk kartu ini ditambahkan dengan persyaratan untuk nelayan kecil. 

Sementara itu, Walikota Kendari, Asrun dalam sambutannya berharap bantuan alat tangkap dan kapal ikan ini menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan taraf hidup nelayan. “Dengan begitu secara tidak langsung juga mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Kendari,” katanya.

Menurutnya, potensi perikanan Kota Kendari cukup menjanjikan. Sebab, secara geografis Kota Kendari berhadapan dengan Teluk Kendari yang bersambungan langsung dengan Laut Banda.

Sedangkan untuk kartu asuransi nelayan, Asrun berharap agar semua nelayan yang terdaftar di Kota Kendari bisa mendapatkanya. “Dengan ini (kartu asuransi) kan nelayan kita bisa mendapatkan santunan kalau terjadi sesuatu dwngan dirinya di laut,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.