SUARA

Nikmati Penampilan Tarian, Wabup Konawe sampai Lesehan di Tangga

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Konawe diisi dengan pawai budaya dari ratusan pelajar dan guru di wilayah setempat, Kamis (2/5/2019). Pergelaran ini terselenggara atas kerja sama Relawan Pemberhati Budaya Konawe bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe.

Pawai budaya mengambil titik start depan panggung Kantor Bupati Konawe, berjalan melewati lintas Kabupaten Konawe hingga kembali ke pelataran Kantor Bupati Konawe.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air masyarakat lewat pawai budaya, serta wadah filterisasi budaya-budaya luar yang tidak mendidik saat ini,” ucap Ketua Panitia Pawai Budaya, Pijerlin Arlin Laki.

Peserta pawai nampak khas dengan busana adat dari berbagai suku yang mendiami Sultra, khususnya Konawe, misalnya Tolaki, Bugis, Bali, Jawa, dan Padang.

yamaha
Sejumlah pelajar yang mengikuti pawai budaya dengan menampilkan pakaian adat masing-masing di peringatan Hardiknas, Kamis (2/5/2019). (Foto: Istimewa)
Sejumlah pelajar yang mengikuti pawai budaya dengan menampilkan pakaian adat masing-masing di peringatan Hardiknas, Kamis (2/5/2019). (Foto: Istimewa)

Ada juga pergelaran Tarian Mekoko, Tarian Angin mamiri, dan pembacaan puisi dari TK Swasta Putra Irigasi Tuoi. Sementara Tarian Mondotambe dan Tarian Moara dari SDN 2 Unaaha, musik bambu dari murid SDN Lalosabila, musik angklung dari TK Swasta Pembina, Molulo massal, serta Tarian Arang Zam-zam.

Bahkan, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara sampai duduk di tangga panggung upacara sambil memperhatikan penampilan peserta menunjukkan kemampuan menarinya di peringatan tersebut.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.