Iklan Clarion

NIP 24 Honorer Bombana Tidak Diproses. Lulus Tapi Tidak Diakui

SULTRAKINI.COM : BOMBANA – Nasib sial dialami 24 Honorer di Kabupaten Bombana. Meski sudah dinyatakan lulus tes CPNS dua tahun lalu, namun kini belum juga mengantongi Nomor Induk Pegawai (NIP) sebagai PNS.

 

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Honorer yang berasal dari K2 tersebut, ditolak berkasnya oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akibat bermasalah. Nasib mereka kini terkatung-katung tanpa solusi. Apalagi rekan se-testnya tahun 2014 lalu, sudah mengantongi SK 100 Persen. sementara mereka, tidak kunjung ada kejelasan.

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bombana, Rusman, mengatakan, pihaknya saat ini masih memperjuangkan peningkatan status sebagian CPNS yang lulus seleksi melalui formasi K2.

 

Pasalnya, hingga kini, BKN belum juga mengeluarkan Nomor Induk Pegawai kepada mereka. \”Sampai sekarang (siang kemarin, red) masih ada 24 CPNS dari honorer K2 yang belum mengantongi NIP. Mudah-mudahan mereka segera mendapatkannya (NIP) karena kami lagi memperjuangkannya,\” katanya.

 

Mantan Asisten I Pemkab Bombana ini menjelaskan, NIP 24 CPNS dari formasi K2 ini tertunda di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Lembaga yang mengurusi nasib pegawai negeri ini beralasan, salah satu berkas yang diajukan 24 honorer itu yakni, surat keputusan (SK) pengangkatan pertama sebagai honorer 2005 silam dikeluarkan oleh sekolah swasta. \”Dalam SK pegabdian honorer pertama tertulis Swasta, bukan Negeri,\” sambungnya.

 

Namun alasan ini sudah dijelaskan dan diluruskan di BKN. Dihadapan petinggi BKN, pihaknya menyampaikan bahwa SK pengangkatan pertama 24 CPNS memang berasal dari sekolah swasta yang merupakan rintisan awal dari sekolah negeri. Sekolah swasta itu, juga bukan merupakan sekolah yang dirintis yayasan apalagi sampai dikomersilkan.

 

Untuk menguatkan alasan tersebut, pihaknya juga melampirkan bukti-bukti pendukung dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharaga. Diantaranya, surat keterangan perubahan status sekolah dari swasta menjadi negeri serta surat persetujuan jika sekolah tempat pegabdian 24 CPNS itu sudah dinegerikan.

 

Diketahui 2014 lalu, Honorer K2 Bombana dinyatakan lulus tes sebanyak 351 orang. Namun yang diproses NIP-nya hanya 327 honorer oleh BKN. Sisanya 24 honorer di tunda akibat diklaim bermasalah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.