SUARA

Nur Ponira Ruksamin Dilantik Sebagai Ketua Dekranasda Konut

SULTRAKINI.COM: KONUT – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Tina Nur Alam melantik Ketua Dekranasda Konawe Utara priode 2016-2021, Nur Ponira Ruksamin di Aula Konasara, Selasa (01/11/2016).

Dalam sambutannya pada pelantikan ini, Tina Nur Alam mengatakan Dekranasda merupakan lembaga independen yang bermitra dengan pemerintah dengan tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa, dan meningkatkan kualitas produk kerajinan dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa.

“Dekranasda juga memperhatikan dan meningkatkan kepentingan perajin dengan mendorong semangat berwirausaha, serta mempromosikan produk kerajinan dengan mengikuti pameran dalam rangka perluasan pasar didalam dan luar negeri,” kata Tina Nur Alam.

Membawakan sambutannya, anggota DPR RI ini juga menyampaikan penghargaan kepada kabupaten Konawe Utara yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan Dekranasda dalam promosi kerajinan daerah di tingkat nasional.

“Kabupaten Konawe Utara telah berusaha secara maksimal dalam mengangkat produk unggulan daerah khususnya kain tenun dan anyaman.” tambah Istri Gubernur Sultra, Nur Alam Ini.

yamaha

Melalui sambutannya, Tina juga meminta Ketua Dekranasda Konut yang baru dilantik agar membina dan mengajarkan masyarakat pengrajin untuk melestarikan dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Konut dengan menonjolkan kerajinan khas.

“Sebagai pengurus, Dekranasda dalam penyusunan program kerjanya harus memperhatikan profil dan kondisi daerah serta bersinergi dengan Program Dekranasda Provinsi. Untuk para pengrajin yang telah mengikuti pelatihan agar terus dibina untuk mengembangkan kerajinan daerah agar produk yang dihasilkan dapat bernilai ekonomi,” ujar Tina.

Hal senada juga diungkapkan, Bupati Konut, Ruksamin dalam sambutannya pada acara pelantikan ini. Diungkapkannya, jika di Konut memiliki potensi untuk mengembangkan kerajinan khas daerah.

“Potensi sudah ada tinggal bagaiman kita kembangkan terus potensi yang sudah ada,” kata Ruksamin.

Terlebih lagi, kata mantan Ketua DPRD ini, disisi lain Konut memang telah terkenal dengan potensi pariwisata nya sehingga kedepan bisa dipadukan dan selaraskan dengan program Dekranasda Konut.

Ruksamin juga berharap, pengurus Dekranasda Konut dapat mengikuti keberhasilan Dekranasda Provinsi Sultra khususnya dalam melaksanakan program dan pembinaan terhadap pengrajin.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.