Iklan Clarion

OJK Sultra Awasi Bisnis MLM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Selain investasi bodong, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga melakukan pengawasan terhadap perusahaan Multi Level Marketing (MLM). Sekarang ini banyak MLM yang menawarkan produk perawatan kesehatan hingga pulsa handphone dengan beragam bentuk pemasaran yang memberikan keuntungan kepada anggotanya.

Namun, Kepala OJK Sultra, Widodo menilai cukup banyak juga MLM yang hanya menjanjikan janji-janji palsu kepada anggotanya.

 “Yah banyaklah diluar sana, ada yang janjiin dapet mobil mewah, jalan-jalan keluar negeri, kapal pesiar dan semacamnya,” ungkap Widodo, usai memberikan workshop sosialisasi dan edukasi pasar modal terpadu, Sabtu (28/11/2016).

Hingga saat ini MLM dinilai sebahagian masyarakat hanya menguntungkan orang yang diatas atau member yang pertama kali bergabung. Bahkan ada yang bonusnya pun didapatkan dari jumlah member yang bergabung, kebanyakan menganut sistem binary (kiri-kanan).

Beberapa MLM juga ada yang bonusnya didapatkan dari jumlah omzet penjualan didalam grup jaringan usaha yang dikomandoi oleh para upline atau Top Leader para member.

Di Kota Kendari tercatat ada puluhan MLM yang mengembangkan sayap jaringan bisnisnya, beberapa diantaranya adalah Duta Network Indonesia (DNI), Paytren, Tianshi (Tiens), K-Link, Qnet, Melianature Indonesia, dan masih banyak lagi.

“Masyarakat yang merasa dirugikan, Laporkan,” pungkas Widodo.

Reporter: Rian Adriansyah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.