SUARA

Oknum Jaksa Dituding Larikan Uang Warga Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Oknum Jaksa di Kejaksaan Negeri (kejari) Buton berinisial MA dituding melarikan sejumalh uang milik Sarifa, warga Dongkala, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Diungkapkan Sarifa pada SULTRAKINI.COM, Senin (24/10/2016), Oknum Jaksa tersebut meminjam uang sebanyak Rp10 juta pada akhir 2015 lalu. Diakui MA, kata Sarifa, ia meminjam uang untuk digunakan sebagai biaya menjamu tamu di Kejari karena saat itu Kas kantornya sedang kosong.

“Dia kesini (Rumah Sarifa) menggunakan bajo kaos dan celana puntung, dia pinjam uang karena katanya ada tamu yang akan dijamu tapi uang dikas kantor tidak ada,” terang Sarifa.

Menurutnya, sejak transaksi peminjaman uang itu dilakukan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan penagihan, namun hingga MA kini pindah ke Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) uang tersebut belum dikembalikan. Dijelaskan Sarifa, uang yang dipinjam MA merupakan hasil penjualan barannya dagangannya.

Atas tindakan Jaksa tersebut, Kuasa hukum Sarifa, Arifin mengungkapkan, dirinya sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh MA, karena tidak menepati janjinya untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya itu.

yamaha

Arifin juga menduga, peminjaman uang itu sengaja dilakukan MA, menginggat Sarifa saat itu masih berstatus saksi dalam kasus korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos) pada Pembangunan Unit Sekolah Baru(USB) SMKN 2 Lasalimu Selatan.

“Kita menduga ada indikasi yang sengaja dimainkan untuk memeras Sarifa apalagi saat itu Sarifa masih berstatus sebagai saksi. Kita menduga disini ada peran yang senjaga dimainkan oleh MA,” ungkap Arifin.

Dikonfirmasi atas hal ini, Kepala Kejari Buton, Ardiansah mengaku tidak mengetahui perihal pinjaman uang yang dilakukan MA. Ia pun menyarankan agar Sarifa meminta uang ke MA. 

“Saya tegaskan pinjaman uang itu tidak ada perintah sama sekali dari Kejari Buton,” tegasnya, Selasa (25/10/2016).

Hingga berita ini ditulis, Jaksa MA belum dapat dikonfirmasi, oleh awak media beberapa kali nomornya Ponselnya dihubungi namun tidak aktif.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.