‘One OJK Bakti Untuk Negeri’ jadi Tema Utama HUT ke-9 OJK Tahun 2020

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan berulang tahun Ke-9, tepat tanggal 22 November 2020. Perayaan HUT OJK kali ini diadakan secara virtual mengingat dalam suasana pandemi Covid-19 diwajibkan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah.

Berdasarkan undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rakyat memberikan mandat dan amanat kepada OJK untuk mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan serta melindungi masyarakat/konsumen penggunan produk dan layanan pada sektor yang memiliki nilai asset dan kapitalisasinya berkisar Rp17.000 Triliun saat ini.

“Tahun ini sangat spesial karena diwarnai pandemi Covid-19. Namun, insan OJK di seluruh negeri terus berjuang satu hati berbakti untuk negeri, tema besar perayaan dirgahayu OJK kali ini yakni One OJK, Bakti untuk Negeri. Tidak terasa sudah 9 Tahun OJK hadir membangun negeri,” kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tenggara, Mohammad Fredly Nasution, Senin (23/11/2020).

Berbagai kebijakan hingga kegiatan sosial OJK laksanakan demi membantu pemulihan ekonomi nasional yang berkolaborasi dengan berbagai entitas, seperti Pemerintah, BI, LPS dan berbagai stakeholder terkait lainnya. 

Secara nasional, sudah lebih dari 1.000 triliun kredit dan pembiayaan direalisasikan dalam kebijakan relaksasi/restrukturisasi kredit/pembiayaan yang berdampak menjaga stabilitas sistem keuangan. 

Fredly mengungkapkan, hingga akhir 2020, OJK secara nasional telah mengumpulkan donasi sebesar Rp20,6 Miliar yang bersumber dari potongan gaji pegawai OJK, serta telah menyalurkan bantuan sosial sejumlah Rp4,7 miliar berupa bantuan penyediaan perbaikan sarana dan prasarana fisik/infrastruktur bagi masyarakat dan lingkungan sekitar kantor OJK di seluruh Indonesia.

Sementara, selama bulan November, OJK Provinsi Sulawesi Tenggara (OJK Sultra) juga terus mengupayakan perbagai kegiatan yang berguna bagi masyarakan dalam melaksanakan hari kelahirannya. 

“Mulai di awal November, OJK mengumumkan Gebyar Lomba Dilan yang disinergikan sebagai penutupan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2020,” ujarnya. 

Gebyar Lomba Dilan dilaksanakan oleh Komunitas Learning Center (@komunitaslearningcenter) di bawah binaan OJK Sultra. 

Antusiasme peserta lomba luar biasa hingga mencakup anak-anak muda di luar provinsi. Hasil perlombaan ini sebagai berikut; juara lomba kategori Esai/Artikel, yaitu Muh. Fadhilah Islami dari SMAN 4 Kendari (Juara I), Andi Alifsyah dari Universitas Brawijaya (Juara II), Nurwenda Purba dari Universitas Haluoleo (Juara III). 

Kemudian, juara kategori poster, yaitu Raymond Rasikah Yusuf dari SMAN 5 Kendari (Juara I), Amran dan Althin dari MAN 1 Kolaka, serta Muh Raihan dan George Frederik dari SMAN 4 Kendari (Juara III).

Selanjutnya, juara kategori video pendek, yaitu Ahsanul Amal (umum) sebagai juara I, Jefri Supriyatin dan Ichsan Marhaban (umum) sebagai juara II, serta Ihsan Alamsyah dan Zulkarnain Baidawi Daeng Siame (Mahasiswa) sebagai juara III.

Dikataknnya, pada Bulan Inklusi Tahun 2020, selama bulan Oktober telah dilaksanakan berbagai kegiatan edukasi termasuk upaya inklusi keuangan secara langsung atau melalui business matching secara terstruktur dan berkesinambungan melalui 

Piket edukasi keungan (PEKA) yang melibatkan berbagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) mulai dari sektor perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank. 

Kegiatan tahun ini didominasi oleh aktivitas pengajaran secara virtual termasuk peserta yang berasal dari sekolah, madrasah, hingga perguruan tinggi.

“Sebenarnya, tepat tanggal 22 November 2020 akan diumumkan pemenang Dilan Award untuk kategori oemimpin daerah dan Jurnalis Media Massa, namun karena antusiasme media massa yang ikut dengan persaingan sangat ketat, proses penilaian masih memerlukan waktu lebih khususnya dalam menilai kualitas pemberitaan. Pengumuman ini Dilan Award akan diinfokan lebih lanjut oleh OJK Sultra,” Ungkap Fredly.

Penutupan Hari Ulang Tahun OJK dilakukan secara virtual oleh OJK Pusat hari ini, mulai dari pagi acara Virtual Run and Ride 2020 serta Konser Amal Virtual pada malam hari dengan menghadirkan Tiara Andini, Padi Reborn, dan Judika dengan MC kondang Ayu Dewi dan Uus. Semoga apa yang dilakukan oleh OJK makin bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.