Pilkada koltim

OPD Kendari Diminta Taat Arsip, Bakal Ada Perwali?

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari menginginkan dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Kendari dalam membenahi kearsiapan daerah. Kondisi kearsipan di Perpustakaan Kendari dinilai belum tertata secara baik.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Aidir Rere, mengaku kearsipan perlu didukung semua OPD Kendari. Misalnya, dokumen pimpinan (kadis) yang menjabat dalam satu instansi.

“Sekarang kan tidak ada (dokumen jabatan kadis), kalau ditanya siapa kadis pertama di perpus dan kearsipan pasti kita keliru. Nah kalau arsip ada, tinggal kita buka, begitu pula wali kota pertama siapa, kelahiran tahun berapa, berapa tahun memerintah,” terang Aidir, Kamis (27/6/2019).

Arsip dikatakannya merupakan tulang punggung sebuah kantor karena digunakan dalam aspek informasi, dokumentasi, dan hukum.

Pilkada

“Arsip jangan diremehkan. Arsip juga bagian dari bahan penelitian. Orang mau meneliti di tempat kita kalau ada arsip pasti betah karena memperoleh informasi,” tambahnya.

Dalam waktu dekat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari membenahi kearsipan daerah yang belum tertata baik melalui peraturan wali kota sebagai bentuk penekanan kepada semua OPD untuk menyerahkan arsipnya.

“Selama ini arsip dipegang masing-masing, ketika terjadi masalah hukum saling menyalahkan. Kota Kendari tidak ada istilah tidak menyimpan arsip, harus, wajib. Tetapi persoalannya harus didukung oleh OPD, ” ucap Aidir. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.