SULTRAKINI.COM: MUNA - Kepolisian Resor Muna melakukan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 dalam rangka mempersiapkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) menjelang Natal 2017 dan tahun baru 2018 di depan kantor Kamis, 21 Desember 2017 sekira pukul 08.00 Wita.

Operasi Lilin 2017 Siap Amankan Natal dan Tahun Baru
Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK bersama Pelaksana Tugas Bupati Buton, La Bakry saat memeriksa kesiapan pasukan saat apel gelar pasukan di Lapangan Mapolres Buton, Kamis (21/12/2017) (Fofo: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

Apel dipimpin oleh Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga yang juga dihadiri oleh Bupati Muna Barat, Laode Muhammad Rajiun Tumada, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan.

Selama pelaksanaan Operasi Lilin, pihaknya menyiagakan 320 personil gabungan yang terdiri dari skuad Polres Muna 200 orang, TNI 30 orang, Dinas Kesehatan 30 orang, Satpol PP 30 orang, dan Dinas Perhubungan 30 orang. Dalam apel itu juga, AKBP Agung Ramos nampak memeriksa pasukan guna memastikan semua personil yang bertugas siap memberikan keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

Apel gelar pasukan di Mako Polres Muna. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Apel operasi Lilin 2017 di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Kamis (21/12/2017). Polres Muna turut menyiagakan enam pasukan berkuda selama operasi tersebut. (Foto: La Ode Alim/SULTRAKINI.COM)

Apel pasukan juga diselenggarakan di Kabupaten Buton dengan tujuan yang sama, yakni Operasi Lilin pengamanan Natal dan tahun baru, Kamis (21/12/2017) sekira 08.00 Wita.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK nampak hadir bersama Bupati Buton La Bakry selaku pimpinan upacara, Ketua Pengadilan Negeri kelas II Pasarwajo Muklahsuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Pasarwajo Ardiansyah, Danramil Pasarwajo Kapten Inf. Rasyid Tandri, Kasat Pol PP Buton La Madi, para Kepala SKPD se-Kabupaten Buton dan Buton Selatan, serta jajaran Polres Buton.

Pengamanan Natal dan tahun baru ini, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan turut andil memberikan kontribusi dengan total pasukan 270 yang terdiri atas 150 orang dari Polres Buton, dan masing-masing 30 orang dari TNI serta setiap instansi tersebut.

"Kita juga siapkan delapan pos pengamanan, seperti di Kecamatan Kapontor dan gereja yang ada di Kawu-Kawu, Kecamatan Pasarwajo," jelas AKBP Andi Herman.

Sejumlah langkah antisipasi mencegah kriminalitas juga dipersiapkan pihaknya, di antaranya operasi cipta kondisi tahap I dan II dengan sasaran senjata tajam, minuman keras, premanisme, dan lainnya.

Operasi Lilin 2017 serentak digelar mulai 23 Desember 2017 sampai 3 Januari 2018.

(Baca: Kapolda Sultra Pimpin Apel Gabungan Operasi Lilin 2017)


Laporan: Laode Alim/Arto Rasyid & La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations