Pilkada koltim

Optimalkan PAD, Samsat Baubau Sosialisasi Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Kota Baubau menggelar sosialisaso penagihan tunggakan pajak kendaraan bermotor di Kantor Kelurahan Wale Kecamatan Wolio Kota Baubau, Kamis (25/7/2019). Sosialisasi tersebut berdasarkan intruksi Gubernur Sulawesi Tenggara dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sosialisasi yang mengusung tema “Membangun Kerjasama Antara Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Jasa Raharja, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Dengan Pemerintah Kota Baubau Dalam Rangka Mengoptimalkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLL), serta Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Kendaraan Alat Berat/Besar Sebagai Penerimaan Bagi Hasil” itu dibuka oleh Lurah Wale, Laode Sudarna.

Pemateri sosialisasi tersebut, yakni Kepala UPTB Samsat Kota Baubau Edi Muthalib, Kepala Penghubung Pelayanan Jasa Raharja Baubau Kemal Karman, dan Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan (Regident) Samsat Baubau Ipda Rio Pratama Hidayat.

Edi Muthalib menyampaikan pentingnya berpartisipasi dalam proses pembangunan. Salah satunya dengan taat membayar pajak termaksud pajak kendaraan bermotor.

Kata Edi, wilayah Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, ada sebanyak 864 unit kendaraan yang terdata dalam Sistem Informasi Samsat (SIS) Online Samsat Kota Baubau. Dari sejumlah tersebut, baru sebanyak 353 unit yang membayar pajak kendaraannya per 7 Juli 2019.

Surunudin

“Melalui sosialisasi ini, maka menjadi awal keterlibatan RW dan RT ikut dalam memaksimalkan serapan pajak yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Sementara itu,  Kemal Karman memaparkan tentang persyaratan dan prosedur pengendara kendaraan yang akan diberikan oleh Jasa Raharja melalui Program SWDKLLJ serta memberikan cinderamata kepada peserta sosialisasi berupa helm berstandar SNI.

Kanit Regident Samsat Kota Baubau, Rio Pratama, mengajak peserta sosialisasi dan masyarakat secara umum agar patuh dan tertib dalam mengendarai kendaraan.

“Sosialisasi kepada masyarakat sering dan aktif kita lakukan melalui media sosial Facebook,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan pemberian cinderamata dari masing-masing pemateri kepada tiga perwakilan peserta.

Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.