Pabrik Gula JBM, Pabrik Gula Pertama Milik Pribumi dengan Kapasitas Produksi 12.000 TCD

  • Bagikan
Pabrik gula PT. JBM Bombana. (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Tak banyak yang menyangka bahwa kini di Indonesia, ada pabrik gula dengan teknologi canggih dengan produksi sangat besar, yakni 12.000 TCD dimiliki pengusaha pribumi.

PT. JBM Bombana, Sulawesi Tenggara merupakan pabrik gula canggih pertama milik pribumi.

“Iya betul, ini menjadi salah satu kebanggaan karena kami merupakan pabrik gula pertama milik asli pribumi dengan kapasitas 12.000 TCD”, ujar Arief, Direktur Utama PT. JBN, Senin (18/5/2020)

Menurut Arief, saat ini pabrik gula ini sudah menggunakan teknologi canggih yang didukung outomatisasi sehingga mampu menghasilkan produk dengan Incumsa di bawah 100 UI dan total Losis di bawah 1.8 pol gula.

“Dengan kapasitas produksi sebesar itu, kami berkomitmen akan bisa memenuhi kouta gula Indonesia bagian timur dengan harga di bawah HET sehingga masyarakat mampu menikmati harga gula yang wajar”, ujarnya.

Di samping itu, imbuh Arief, keberadaan JBM juga mampu mengangkat harkat dan kesejahteraan warga serta menciptakan lapangan kerja di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK.

“Di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK, JBM justru mampu terus memberi sumbangsih bagi ekonomi Indonesia dan mampu mempekerjakan warga lokal,pungkasnya.

Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan