000 HPN Prov

Padamkan Lampu Warga, Ini Alasan PLN di DPRD Kolaka

SULTRAKINI.COM:KOLAKA- Pihak PLN ranting Kolaka memberikan sejumlah jawaban kepada Komisi II DPRD Kolaka, terkait dengan pemadalam lampu yang terjadi di Kolaka sejak beberapa minggu terakhir.

Manager PLTD Kolaka, Tubagus Purba menjelaskan, selain adanya perawatan pada salah satu mesin pembagkit, suplai dari PT. ANTAM yang hingga saat ini masih mengalami gangguan, sehingga pemadalam lampu secara bergilir di Kolaka tidak dapat dihindari.

“Jadi memang ada sejumlah kendala yang kami temui sehingga pemadaman listrik tidak dapat dihindari. Satu mesin kami sementara perbaikan, terlebih lagi suplai listrik dari PLTU milik Antam belum kami terima karena ada kerusakan. Itu jawaban dari Antam yang kami terima,” katanya, Selasa (07/02/2017).

Dia juga menambahkan untuk mengatasi krisis listrik ini, sebagian wilayah di Kolaka telah disuplai oleh PLN ranting Bombana. “Misalnya sebagian daerah di wilayah selatan itu disuplai dari Bombana. Kami saat ini devisit listrik,” tegasnya.

Sementara itu, ketua Komisi III DPRD Kolaka, Ajib Madjid mengungkapkan, pihaknya akan segera bertemu dengan pihak Antam guna memastkan kerusakan tersebut. Sebab yang harusnya masuk ke PLN Kolaka itu sebanyak 3 mega watt. “Jadi itu ada suplai dari Antam sebesar 3 mega watt. Ini tidak terjadi makanya masyarakat Kolaka dirugikan. Setelah mendengar penjelasan PLN katanya ada kerusakan. Informasi kerusakan inilah yang kami pastikan dan desak Antam agar segera menyelesaikan yang jadi masalah itu,” cetus Ajib Madjid.

Desakan untuk normalnya pasokan lisrik kepada masyarakat Kolaka, juga datang dari Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Hasbi Mustafa. Ia menganggap keresakan masyarakat sangat wajar terhadap pemadalam listrik tersebut. Sebab sekali padam bisa sampai delapan jam.

Pihak PLN juga dalam pertemuan tersebut, sempat mendapatkan usul dari Mustafa, untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat jika terjadi pemadaman listrik diluar batas. Namun usulan ini masih dipertimbangkan oleh pihak PLN.

Dalam pertemuan ini, hadir pula Asisen I Sekda Kolaka, Zulkarnain. Yang dimana, dirinya akan melaporkan informasi tersebut kepada Bupati Kolaka. “Hasil hari ini akan kami laporkan kepada Pak Bupati. Dan semoga saja ada penyelesain,” ucapnya.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.