Pahlawan “Emas” Asian Games Asal Baubau Disambut Ribuan Warga

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Turnamen Asian Games yang berlangsung di Palembang belum lama ini menjadi momen bersejarah bagi Kota Baubau. Pasalnya dari 31 medali emas yang disumbangkan sejumlah atlet tanah air, salah satu, atlet asal Baubau dari sepak takraw jenis Mens Quadrants juga turut memberikan kontribusi.

Adalah Husni Uba, berlaga di gelaran  Asian Games bersama beberapa rekan seprofesinya, pria 36 tahun itu berhasil membagakan Indonesia. Selain menyumbangkan medali emas, PNS Baubau itu juga menyabet dua medali perunggu sekaligus, yakni jenis perorangan dan beregu

Merasa bangga dengan prestasi tersebut, Pemkot Baubau menyiapkan penyambutan. Bahkan rencana penyambutan tersebut telah disiapkan saat Husni Uba ke Podium penerimaan medali juga lantunan lagu kebangsaan Indonesia raya dan sangka merah putih berkibar di Palembang.

“Penyambutan Husni Uba telah dipersiapkan Pemkot Baubau sejak Husni Uba tampil ke podium emas dan melakukan penghormatan pada kibaran Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya,” kata Kadispora Baubau La Ode Darussalam.

Tidak heran, lanjutnya, setibanya di Bandara Udara Betoambari Baubau dengan maskapai Garuda pada Minggu, (9/9/2018) pukul 09.00 Witi, Husni Uba disambut langsung Ketua Koni Baubau, AS Tamrin. Saat penyambutan, di depan ribuan warga setempat yang menyambutnya, serta depan sejumlah Forkopimda di Baubau seperti, Sekda Baubau Roni Muhtar, dan Kapolres Baubau AKBP Daniel Mucharam. Husni Uba dikalungkan kain Buton dan tari “Lawati” serta arak-arakan sepanjang jalan protokol di Kota benteng terluas di dunia ini.

La Ode Darussalam memaknai, prestasi dan penyambutan yang diraih pegawai di Kantornya itu merupakan momen yang sangat bersejarah karena bertepatan dengan  Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September.

Sementara itu, Husni Uba mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik pemerintah, pelatih, maupun warga Baubau
yang telah memberikan doa, dukungan dan perhatian, sehingga ia mampu menyumbangkan medali emas dan dua Perunggu untuk Indonesia.

“Prestasi ini kupersembahkan untuk semua warga Kota Baubau dan Indonesia. Saya berharap prestasi ini dilanjutkan oleh adik-adik saya,” harapnya.

Ketua Umum KONI Baubau, AS Tamrin, mengaku terharu dan bangga dengan prestasi Husni. Wali Kota Baubau terpilih ini berharap, Husni mampu menjadi inspirasi bagi peningkatan prestasi dunia olahraga Baubau. Ia juga mengajak, prestasi itu tak berhenti di tangan Husni, tetapi dilanjutkan oleh para penerusnya.

“Husni juga tak sekedar sebagai atlet, tetapi juga bisa menjadi pelatih berkelas internasonal, maka latihlah adik-adikmu, begitu pula cabang olahraga lainnya, Husni adalah momentum peningkatan prestasi, sebab tidak lama lagi kita akan menghadi Porprov 2018 di Kabupaten Kolaka,” kata AS. Tamrin.

Laporan: Zarmin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.