Panen Padi Melimpah, Warga Konut Gelar Mosehe Wonua

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA –
Warga Desa Landawe, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, menggelar Mosehe Wonua. Tradisi adat Tolaki Mosehe Wonua itu dilakukan usai panen raya.

Pantauan Sultrakini dalam acara Mosehe Wonua tersebut, warga berkumpul sambil memegang belakang orang tua yang di percayakan melaksanakan Mosehe yang di sebut Mbusehe.

Selain itu, ibu-ibu terlihat membawa makanan masing-masing dari rumah, dengan berbagai jenis makanan untuk disajikan usai acara tersebut.

Kepala Desa, Landawe Taswan mengatakan acara Mosehe Wonua yang biasa juga di sebut Mosukahako merupakan ungkapan rasa syukur oleh warganya usai panen raya, 

“Setelah Mosehe Wonua kita lanjutkan, Baca baca syukuran atau biasa di sebut Barsandi Ndinau, ini merupakan kebiasaan orang tua dulu yang biasa mereka lakukan setelah panen,” Kata Taswan Kepala Desa Landawe, Selasa (9/6/2020).

Acara tersebut, lanjut Taswan, sekaligus penentuan kalender musim untuk menentukan jadwal musim tanam kedua periode pada Juli-Desember 2020.

Di katakannya, di tengah-tengah dalam menghadapi Covid 19 ini, dihadapkan dengan berbagai macam tantangan, bukan hanya Virus Corona tetapi krisis pangan,

yamaha

“Alhamdulillah, untuk di Kecamatan Oheo, khususnya Desa Landawe krisis pangan itu bisa teratasi, dengan hasil panen yang sangat memuaskan, mencapai target 4 hingga 5 ton per hektar,” tambahnya.

Sementara itu, Salah satu tokoh masyarakat, Edi Lapalulu, mengatakan Mosehe Wonua yang dilakukan oleh warga tersebut, merupakan bentuk syukur atas hasil panen yang diperoleh tahun ini,

“Sangat memuaskan bahkan ada warga yang panen 200 karung yang terendah 50 karung, tahun ini, meski di tengah cuaca yang mengancam Sawa terendam banjir, namun Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan,” katanya.

“Selain itu, kita meminta rahmat, agar hasil panen selanjutnya melimpah, dan ini dilakukan untuk menghargai leluhur terdahulu,” tambahnya.

Kegiatan tersebut di hadiri, Anggota DPRD Sawi Lapalulu, Camat Oheo Sumiadin, Kepala Desa Wiwirano Hapsin, Kapolres Konut yang di wakili oleh Kanit BinPolmas Sahirman, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, penyuluh pertanian se kecamatan Oheo.

Acara diakhiri dengan makan bersama serta pemberian BLT DD tahap II dan III di Desa Landawe.

Laporan : Aripin Lapotende
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.