Pangdam Tegaskan Mahasiswa Harus Peka Terhadap Ancaman

  • Bagikan
Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Surya Bakti. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, mengatakan bahwa ancaman bukan sebatas kekuatan senjata, namun menjaga sumber daya mahasiswa juga bagian dari mengatasi ancaman.

“Mahasiswa merupakan bagian dari sumber daya, mahasiswa harus diberikan pengetahuan terkait ancaman. Ancaman bukan hanya kekuatan bersenjata saja,” katanya dihadapan ratusan mahasiswa dalam kuliah umum di Universitas Halu Oleo, Rabu (26/04/2017).

Salah satu tindakan untuk peka terhadap ancaman lanjut dia, adalah bangga menjadi mahasiswa dengan mengangkat kearifan lokal menjadi manusia Indonesia yang hebat yang mampu bersaing di kompetisi global. Sebagai generasi penerus, mahasiswa bagian dari kekuatan dan harus menjamin dirinya untuk menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sebagai yang utama.

Pangdam menegaskan Indonesia punya potensi kekuatan besar, negara ini mempunyai sumber Daya Alam dan segala potensinya bila tidak dikelola dengan baik jangan sampai potensinya hilang dan direbut oleh negara lain.

Perebutan sumberdaya dari suatu negara sekarang sedang gencar dilakukan oleh negara adidaya untuk menguasai negara lain. Contohnya negara-negara di Timur Tengah yang sedang konflik karena diinvasi oleh negara lain dengan berlatar belakang motif energi dan SDA khususnya minyak.

“Konflik latar belakangnya macem-macem, ada dibelakangnya harus kita gali. Kalau Indonesia gak siap sumber daya manusianya, maka kita akan tertinggal dan hancur, kalau hancur kita bakalan menyesal,” pungkas Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

(Baca juga: Mayjen TNI Agus Surya Bakti: Energi Tidak Stabil Jadi Ancaman)

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan