Pangdam XIV Hasanuddin: Jika Ada Lahan Maka Kodim Segera Dibangun di Wakatobi

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Nampaknya tak lama lagi Komando Distrik Militer (Kodim) akan segera dibangun di Kabupaten Wakatobi, hal ini mencuat saat Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka melakukan kunjungan kerja di kabupaten yang terkenal dengan surga nyata bawa lautnya ini, Selasa (23/3/2021).

Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, untuk rencana pembangunan Kodim di Wakatobi pihaknya telah melakukan kajian dan sudah final, namun kendalanya di ketersediaan lahan.

Dalam proses pembangunan Kodim ada dua jalur yaitu top douwn (program TNI angkatan darat) dimana seluruh fasilitasnya dibangun oleh angkatan darat, dan kedua program pemerintah daerah atau permintaan pemerintah daerah.

“Yang kami minta dukungan dari pemerintah daerah itu adalah mempersiapkan lahan, kalau lahannya sudah ada maka mau tidak mau kita akan mempercepat pembangunan Kodim,” kata jenderal bintang dua ini.

Bahkan menurutnya, jika lahan telah disiapkan oleh pemerintah daerah maka bulan depan pembangunan Kodim sudah bisa dilaksanakan.

Tambahnya, saat Wakatobi masih dipimpin oleh Hugua ia telah bekoordinasi terkait lahan untuk pembangunan Kodim, namun waktu itu terkendala dipersoalan lahan karena sebagian besar tanah merupakan milik adat, namun jika sudah ada tanah maka pembangunannya akan lebih cepat.

Namun persolan lahan ini mulai mendapatkan titik terang saat Andi Sumangerukka melakukan dialog bersama para tokoh agama dan adat.

Salah seorang tokoh adat Wanci, La Ane Puru mengungkapkan, jika pemerintah belum menyiapkan lahan, maka TNI bisa membangun komunikasi dengan para tokoh adat di Wakatobi karena masih banyak tanah adat yang kosong dapat digunakan untuk pembangunan Kodim di Wakatobi.

Dalam kunjungan ke Wakatobi Mayjen TNI Andi Sumangerukka didampingi oleh Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jennie Aldrin Siahaan, dan Aster Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Arifin Dahlan, dan Dandim 1413/Buton, Letkol Arif Kurniawan. (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.