Panji Kerajaan Konawe dapat Kehormatan Kawal Bendera Pusaka RI

  • Bagikan
Suasana penjemputan Bendera Kerajaan Konawe di Laika Mbu'u Kecamatan Meluhu (Foto: Dok. Sarman/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Keberadaan kerajaan Konawe yang pernah berjaya nusantara kembali mendapat pengakuan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk yang kedua kalinya, bendera Kejaraan Konawe mendapat kehormatan untuk mengawal bendera pusaka merah-putih menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Penjemputan panji Kerajaan Konawe berlangsung di Laika Mbu’u, Kecamatan Meluhu, pada Jumat malam (11/8/2017) oleh utusan Kodim 1417 Kendari, yang diwakili Perwira Penghubung, Mayor Inf. Sutejo.

Mereka yang turut menyaksikan prosesi itu, antara lain budayawan Konawe sekaligus tokoh adat di Meluhu, Ajemain Suruambo dan Dedet Ilnari Yusta selaku Wulele Pondoma atau Pengeran Kerajaan Konawe.

Mayor Inf. Sutejo menuturkan panji Kerajaan Konawe (Tombi) bersama panji kerajaan lainnya di nusantara bakal mengiringi duplikat bendera pusaka ke istana negara pada 16 Agustus nanti. Khusus untuk panji Kerajaan Konawe, kahormatan ini sudah dua kali didapatkan, yakni tahun 2016 lalu.

“Di Sulawesi Tenggara ada dua panji kerajaan yang diikutkan. Satu dari Kerajaan Konawe dan satunya lagi dari Kerajaan Buton,” jelasnya.

Sementara itu, pemegang panji Kerajaraan Konawe pada acara pengiringan nanti akan diwakilkan ke anggota Kodim 1417 sebanyak dua orang.

Dalam Sejarah kebudayan Konawe terdahulu, pembawa bendera diberi gelar “Ana Gili Mandobi, Ana Bali Bandera.”

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan