SUARA

Pantai Wakatobi Kena Abrasi, Pemda Butuh Perbaikan Rp 100 M

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Banyaknya abrasi pantai di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wakatobi harus melakukan langkah antisipasi. Salah satunya, rekonstruksi dan rehabilitasi pantai.

Kepala BPBD Wakatobi, Syarifuddin mengatakan pihaknya telah mengusulkan rekonstruksi dan rehabilitasi beberapa pantai di Wakatobi ke Pemerintah pusat senilai Rp 100 miliar di 2018.

Dalam usulan itu, terdapat anggaran pemulihan ekonomi warga di daerah yang berdampak abrasi. Misalnya, 20 keramba apung bakal disalurkan akibat kerusakan tersebut.

yamaha

“Kami sudah ajukan proposal ke pemerintah pusat agar dilakukan rekonstruksi dan rehabilitasi pantai yang telah rusak, akibat ulah manusia maupun diakibatkan faktor alam,” kata Syarifuddin, Sabtu (17/3/2018).

Kata dia, mestinya keindahan alam terutama pantai dan laut Wakatobi terus terjaga, apalagi menjadi bagian dari 10 top destinasi Indonesia. Apabila disetujui, anggaran dipergunakan untuk pembuatan talud, pemicak ombak, dan tambatan perahu mulai dari pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan pulau Binongko.

“Mengenai jumlah titik (lokasi) yang akan diperbaiki, saya belum bisa pastikan ada berapa. Nanti turun tim verifikasi dari pusat, karena mereka yang tentukan,” jelasnya.

 

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.