Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Panwascam Akan Jalani Tiga Tes dari Panwaslu

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari bersiap melakukan seleksi Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam). Dalam seleksinya, Panwascam ini akan melewati tiga tes berdasarkan ketetapkan oleh Bawaslu Sultra yang diterima Panwaslu Kota Kendari.

 

Dikatakan Ketua Panwaslu Kota Kendari, Alasman Mpesau, Selasa (21/6/2016). \”Jadi ada tiga seleksi yang telah ditentukan. Seleksi berkas, seleksi tertulis, dan seleksi wawancara,\” terang Alasman.

 

Menurut Dosen Ilmu Hukum UHO dan UMK ini, Panwaslu terlebih dahulu akan menyeleksi berkas. Katanya pasca pengumuman peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas ini, baru kemudian masuk ke seleksi tertulis.

 

\”Nanti di seleksi tulis hasilnya akan diranking sampai 6 besar. Yang di luar dari 6 besar gugur,\” ujarnya.

 

Kata Alasman, di seleksi tertulis nanti pemeriksaannya akan dilakukan di tempat. Hal ini katanya sebagai bentuk transparansi dari Panwaslu dalam proses seleksi Panwascam. \”Nanti seleksi tertulis lembaran jawabannya akan diperiksa di tempat. Jadi, pesertanya akan tukaran lembar jawaban dan akan saling memeriksa,\” kata Magister Ilmu Hukum UGM ini.

 

Kata Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sultra ini, setelah tes tersebut baru kemudian dilakukan tes wawancara. \”Di tes wawancara nanti akan dibuat dalam bentuk panel. Jadi, kami bertiga di komisioner (Panwaslu) akan menjadi panelisnya,\” terang Alasman.

 

Alasman menambahkan, untuk muatan wawancaranya berkaitan dengan integritas para calon Panwascam, pemahaman tentang aturan-aturan main dalam pilkada, dan bagaimana rekam jejak setiap calon Panwascam.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.