Panwaslu Buteng Temukan Banyak Kertas Suara yang Cacat

  • Bagikan
ilustrasi

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Buton Tengah (Buteng), Muh. Anine Biru mengatakan, hasil sortiran dari pihak KPU ditemukan banyaknya kertas suara yang cacat atau tidak sesuai dengan spesimen yang telah disepakati bersama saat di Makassar.

“Setelah dilakukan sortiran dari tadi malam, ternyata masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki, yakni kartu suara itu masih banyak yang cacat dan tidak sesuai dengan mutu yang telah ditanda tangani di Makassar sebelumnya,” katanya kepada SULTRAKINI.COM, Selasa (31/1/2017).

Dia menambahkan, baru sekitar sepertiga penyortiran dari jumlah keseluruhan surat suara, sudah banyak  yang ditemukan tidak layak. Angka kesalahannya sudah mencapai 300 sampai 400an kertas suara yang tidak sesuai komitmen kedua pihak.

Secara umum kertas suara tersebut, sesuai hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT) Buton Tengah, yakni 76.528 ditambah 2,5 persen sehingga totalnya sekitar 80 ribuan lebih kertas suaranya.

“Saya tidak tahu angka pastinya. Namun, saya melihat baru sekitar sepertiga dari jumlah surat suara, sudah mencapai 300 sampai 400an dari kertas yang ada,” terangnya.

Anine mengharapkan, penyortiran ini bisa ditangani secepatnya sesuai hasil kesepakatan sebelumnya mengingat jadwal pilkada serentak 2017 tinggal menghitung hari.

“Kalau cepat penyortirannya, maka cepat juga pelaporannya berapa jumlah yang salah agar dicetak kembali,” harapnya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan percetakan surat suara di Makassar. Termasuk mengecekkan ulang untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan yang sama.

Laporan: Ali Tidar

  • Bagikan