Festival Pesona Budaya Tua Buton

Panwaslu Buton: PPL Jangan Tunggu Data Diatas Meja

SULTRAKINI.COM: BUTON –  Sebanyak 95 anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se – Kabupaten Buton, resmi dilantik, Minggu (4/9/2016) di Pasarwajo oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton .

Ketua Panwaslu Kabupaten Buton, La Saluru, dalam sambutannya mengatakan, pelantikan anggota PPL sesuai dengan UU 15 Tahun 2011 bahwa sebelum menjalankan tugas, PPL terlebih dahulu harus diambil sumpahnya sehingga keberadaannya diakui baik dimasyarakat maupun negara dan undang-undang.

“Jadi kami harapkan, saudara-saudara yang baru selesai dilantik dan diambil sumpahnya agar bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan  yang  berlaku,” katanya.

Ia juga menghimbau PPL agar lebih proaktif menjalankan tugasnya khusunya pada pemutakhiran data pemilih, dengan turun ke langsung lapangan. “PPL harus konsisten, jangan hanya menunggu data diatas meja tetapi terjun langsung ke masyarakat sehingga data yang diperoleh lebih akurat”himbaunya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Hamiruddin Udu mengungkapkan, pihaknya berharap pada PPL agar lebih proaktif dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.

“Kita harapkan PPL jangan hanya ambil data di PPS atau PPDP tetapi teman-teman dapat terjun langsung dimasyarakat, datangi setiap rumah warga sehingga data pemilih yang kita dapat lebih akurat,” singkatnya.

Sementara itu, Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun, melalui Asisten III , Zanuriah dalam sambutannya mengungkapkan, PPL memiliki peranan penting baik ditingkat desa maupun kelurahan dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton 2017 mendatang.

“Tentunya pemerintah dan masyarakat menaruh harapan besar kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini PPL dalam rangka menciptakan pesta demokrasi yang langsung, bebas, jujur, dan adil,” ujarnya.

Zanuriah juga mengharapkan, PPL yang baru dilantik dapat berkoordinasi dengan baik dimasyarakat mulai dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, adat, agama, dan lapisan elemen masyarakat, sehingga tercipta pesta demokrasi sesuai harapan.

“Jadi koordinasi itu penting, dan yang terpenting adalah teman-teman PPL yang baru dilantik ini bisa menjunjung tinggi integritas dan jangan perbedaan perlakuan terhadap salah satu pasangan calon nantinya,” himbaunya.

Dalam pelantikan PPL  yang diselenggarakan sekitar Pukul 10.30 Wita ini, turut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Sultra, Hamiruddin Udu, Perwakilan Pemda Buton, Asisten III, Zanuriah, Ketua KPUD Buton, Alimudin Sikuri, Perwakilan Pengadilan Negeri Buton, Perwakilan Kodim 1413 Buton, serta sejumpah unsur pimpinan forum komunikasi lingkup Pemda Buton.

Usai pelantikan dilangsungkan dengan kegiatan bimbingan teknis (Bintek) yang diikuti oleh seluruh Anggota PPL dan Panwascam se Kabupaten Buton dengan pemateri Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu dan Anggota Panwaslu Buton.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.