SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA - Ketua Bawaslu Kabupaten Buton Utara, Junaiddin, mengajak masyarakat ikut mengawasi penyelenggara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara 2018.

Panwaslu Butur Ajak Warga Awasi Penyelenggaraan Pilgub Sultra
Ketua Bawaslu Kabupaten Buton Utara, Junaiddin. (Foto: Harto Nuari/SULTRAKINI.COM)

Dikatakannya, terdapat tujuh fokus pengawasan pada pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, yakni dari proses penyelenggaraan oleh KPU, keterlibatan ASN, peserta atau para calon, tim sukses, pengguna fasilitas negara dan masyarakat.

Setiap tahapan yang dilakukan KPU telah diawasi oleh Panwas, mulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sampai pembentukan panitia Pemungitan Suara (PPS). "Kita pastikan, setiap tahapan kami telah awasi," kata Junaiddin dalam sosialisasinya tentang pengawasan Pilgub 2018 di salah satu hotel di Kulisusu, Selasa (7/11/2017).

Dalam sosialisasinya ini dihadiri para tokoh masyarajat, tokoh adat, pemuda, dan perempuan. Ada juga pihak Panwaslu dan Polsek Kulisusu sebagai pemateri di pertemuan tersebut. Nantinya, sosialisasi berlanjut ke tingkat desa.

"Kita mengajak supaya bersama-sama awasi Pilgub ini. Khususnya warga yang tidak terikat atau menjadi salah pengurus partai politik," ucap Junaiddin.

Ditekankan Koordinator Panwaslu Butur, Hazamuddin, setiap warga negara Indonesia mulai usia 17 tahun atau sudah menikah, memiliki hak menyalurkan suaranya dengan terdaftarnya sebagai pemilih di momen itu. Selain itu kata dia, pemilih juga berhak melaporkan segala bentuk tindakan yang sarat pelanggaran atau kecurangan. Termasuk bersama-sama melakukan tindakan pencegahan.

"Hanya, kadang masyarakat juga cuek. Nanti sudah dekat Pemilu, baru mengecek namanya di DPT (daftar pemilih tetap). Harusnya sebagai warga negara yang baik, kita pastikan bahwa kita sudah terdaftar sebagai pemilih," ujar Hazamuddin.

Ditambahkan Anggota Polsek Kulisusu, AIPTU Syarir Daming, untuk mengantisipasi terjasinya gangguan keamanan selama proses pilgub Sultra, pihaknya telah siap menggerakkan personil untuk ikut memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Salah satunya mengawal kotak suara ke lokasi tempat pemungutan suara sampai kembali ke KPU setempat.

"Mari kita ciptakan rasa aman, sehingga  penyelenggaraan Pilgub di Buton Utara berjalan sukses," tambah Syarir.


Laporan: Harto Nuari

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations